Kabar Baik Buat Warga Pesisir Karawang Yang Kena Abrasi Pantai, Simak

JABARNEWS | KARAWANG – Lahan seluas 3 hektare telah disiapakan Pemerintah Kabupaten Karawang untuk merelokasi pemukiman warga pesisir utara yang terkena abrasi pantai.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan telah membeli lahan bekas tambak yang bisa dimanfaatkan untuk sekitar 90 persen warga pesisir utara Karawang.

“Karena bekas tambak, sehingga harus dikeraskan terlebih dahulu sebelum dimanfaatkan. Tapi sebagian lahan itu sudah dikeraskan dan bisa dimanfaatkan warga,” ujar Bupati Karawang, Cellica, Rabu (10/06/2020).

Baca Juga:  Warga Pangandaran Rasakan Gempa Tadi Malam, Ini Kata BMKG

Ia menjelaskan khusus yang tinggal di sekitar Pantai Pisangan sampai Cemarajaya sepakat untuk direlokasi ke lahan yang telah disiapkan Pemkab Karawang.

“Kalaupun ada yang masih ingin menetap di sana ya tidak apa apa. Itu hak mereka. Terpenting kami dari Pemkab sudah berupaya menyediakan lahan beserta bangunannya yang gratis,” ujarnya.

Baca Juga:  Tim Panjat Tebing Indonesia Raih Juara IFSC ACC Asian Championship

Dikatakannya, pemkab menyediakan lahan untuk relokasi warga korban abrasi sebagai upaya mengantisipasi timbulnya korban jiwa. Apalagi banjir rob hampir rutin terjadi di pesisir utara Karawang.

Pada Rabu (3/6) hingga Kamis (4/6) rob terjadi di wilayah di sepanjang wilayah pesisir utara Karawang. Sejumlah rumah warga ambruk dihantam gelombang pasang akibat peristiwa itu.

Cellica mengatakan sebelumnya Pemkab Karawang telah menanggulangi bencana rob dengan memasang sabuk pantai. Tapi tumpukan batu yang dipasang di Pantai Pisangan hingga Dusun Cemara 2, justru malah amblas dihantam gelombang pasang. Sehingga gelombang pasang tetap menerjang pemukiman warga.

Baca Juga:  Stasiun Dipadati Calon Penumpang, Ini Permintaan Walkot Bogor

Pemasangan sabuk pantai itu sendiri merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan senilai Rp30 miliar tahun 2018. Panjang sabuk pantai mencapai 6,7 kilometer. (Red)