aqua

IKA UPI: Hentikan Stigma Guru Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan

Indonesia butuh kurikulum era pandemi.

Ketua Umum IKA UPI Enggartiasto Lukita saat webinar. (Foto: IKA UPI)

JABARNEWS | BANDUNG - Indonesia membutuhkan cara baru dalam tata kelola pendidikan selama masa pandemi dan pascapandemi. Jangan sampai pandemi menghalangi hak-hak anak untuk mendapatkan pendidikan secara memadai. Karena itu, butuh kurikulum baru yang relevan dengan situasi kenormalan baru (new normal).

Setelah pandemi berlalu, sekedar menormalkan praksis sekolah tidaklah cukup. Yang diperlukan adalah transformasi, yaitu “desain besar” untuk mengubah sistem pendidikan secara mendasar.

Baca Juga:

IKA UPI Desak Pemerintah Tertibkan LPTK Abal-abal

Dinas Pendidikan Indramayu Diminta Terus Tingkatkan Kualitas Pendidikan



Berbicara saat membuka webinar “Pendidikan Bermutu di Musim Pandemi: Tantangan dan Harapan” yang digagas IKA UPI Komisariat Provinsi Maluku, Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA UPI) Enggartiasto Lukita menegaskan, visi Presiden Jokowi Widodo sudah sangat jelas menyebutkan sumber daya manusia (SDM) sebagai kunci kemajuan bangsa. Untuk mendapatkan SDM unggul, maka pendidikanlah satu-satunya yang bisa menentukan. Pendidikan menjadi penentu masa depan bangsa ini.

“Mari kita jujur! Sebelum pandemi saja kita merasakan ketertinggalan dibandingkan dengan beberapa negara lain yang maju. Apalagi sekarang kita di tengah pandemi. Karena itu, maka pembelajaran jarak jauh menjadi topik utama. Kita sedang beradaptasi dengan budaya baru dalam pembelajaran,” ungkap Enggar, sapaan Enggartiasto Lukita.

Penyandang gelar doktor kehormatan (honoris causa) bidang pendidikan kewirausahaan ini menilai Kurikulum 2013 yang begitu padat tidak mungkin itu diterapkan selama masa pandemi. Karena itu, perlu konstruksi kurikulum yang relevan dengan situasi pandemi maupun pascapandemi. Artinya, Indonesia membutuhkan kurikulum era pandemi yang adaptif dengan perubahan global tersebut.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5 6
Tags : IKA UPI Kualitas Pendidikan Stigma Guru Kurikulum Era Pandemi Pandemi Covid-19 Ketua Umum IKA UPI Enggartiasto Lukita Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi Webinar Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi