Ingat! Proses Penerimaan Mahasiswa Baru IPB Via Online, Gak Usah Ke Bogor

JABARNEWS | BOGOR – Institut Pertanian Bogor (IPB) University akan melakukan penerimaan mahasiswa baru secara online, para calon mahasiswa baru tidak perlu untuk datang ke Bogor.

“Penerimaan mahasiswa baru kami akan lakukan secara online, murni online. Pada bulan Agustus mendatang, mahasiswa baru tidak datang ke Bogor,” ujar Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria Selasa (9/6/2020).

Ia menambahkan tiap calon mahasiswa yang berminat cukup melakukan proses pendaftaran di daerahnya masing-masing karena seluruh proses akan dilakukan secara online.

Baca Juga:  Antisipasi Gelombang PHK, Menhub Siapkan Rp 5,9 Triliun

Arif juga mengatakan IPB sedang berusaha memodifikasi susunan mata kuliah untuk diterapkan di semester mendatang. Menurutnya, IPB akan lebih mengutamakan mata kuliah yang tidak memerlukan kegiatan praktikum.

“Kuliah satu semester ini memang mau tidak mau memang harus kita modifikasi urutan mata kuliahnya, yang dulunya kombinasi antara praktikum di laboratorium dan sebagainya. Sekarang semua diambil mata kuliah yang tidak ada praktikum laboratorium. Jadi kita sesuaikan,” ucap Arif.

Baca Juga:  Teryata Ini Peyebab, Rizky Billar Diduga Lakukan KDRT Terhadap Lesti Kejora

“Seluruh Departemen yang ada di IPB University ini saat ini sedang bekerja keras menata mata kuliah. Menggeser-geser mata kuliah pada periode bulan September 2020 sampai bulan Januari 2021 dengan mendahulukan mata kuliah yang minimal aspek laboratorium fisiknya,” imbuhnya.

Sebelumnya, IPB University juga melakukan proses pendaftaran secara online bagi mahasiswa baru yang telah lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Sebanyak 1.835 siswa yang lulus SNMPTN diminta melakukan registrasi online sejak awal April lalu.

Baca Juga:  Hama Tikus Menggila, Dinas Pertanian Karawang Akan Gelar Gropyokan

Para calon mahasiswa baru yang lulus SNMPTN di IPB dapat menyiapkan dokumen registrasi yang sudah ditentukan serta mengunggah pada laman registrasi admisi.ipb.ac.id.

“Kita sebutkan di Surat Rektor bahwa IPB University menganut sistem registrasi online,” kata Kepala Biro Komunikasi IPB University, Yatri Indah Kusumastuti. (Red)