IDE Dunia: Macan Muda Perubahan Indonesia

JABARNEWS | BANDUNG – Salah satu NGO yang paling populer dan terus dibicarakan ditanah air adalah IDE Indonesia, yang merupakan sebuah NGO kepemudaan di Indonesia yang bergerak dalam pemberdayan pemuda Indonesia di bidang demokrasi, pendidikan, dialog dan pembangunan berkelanjutan.

Organisasi ini didirikan di Washington DC pada tahun 2014 oleh sekumpulan Mahasiswa Indonesia yang studi di Amerika Serikat. NGO ini telah resmi berbadan hukum di Kementerian Hukum dan HAM No.AHU-0011461.AH.01.07 pada tahun tahun 2017.

Pendiri IDE Indonesia Gugun Gumilar mencetuskan didirikannya untuk berkarya untuk Indonesia. Disana ada kumpulan orang orang terbaik yang sedang kuliah di luar negeri tergabung dengan IDE Dunia.

“IDE Dunia, Macan Muda Perubahan Indonesia,” ucap Gugun.

Di Vienna, Austria, Muhammad Fermi Austrianto, Ketua IDE Dunia Eropa yang juga Mahasiswa S1 di Webster University Vienna, Austria mengatakan menjadi bagian dari IDE Dunia dan Ketua Kawasan Eropa adalah suatu kehormatan dan kebanggaan.

Ia mengatakan IDE Dunia adalah wadah aspirasi-aspirasi para pelajar Indonesia yang menempuh studi di luar negeri yang berkeinginan untuk memberi perubahan kepada bangsa Indonesia kedepan.

“Bagi saya, selain menghimpun Para pemuda pelajar Indonesia di luar Negeri IDE Dunia merupakan suatu wadah yang menanamkan jiwa nasionalis yang kuat untuk para pemuda dan pemudi agar ilmu-ilmu yang kita pelajari di luar bisa memberikan solusi bagi bangsa. Bila suatu saat kita pulang ke Indonesia ilmu-ilmu yang kita dapatkan di luar negeri bisa bermanfaat untuk kamajuan bangsa dan negara. Pada tahun 2045 Indonesia akan dikuasai para pemuda dan pemudi dengan ini, ujarnya.

Baca Juga:  Pendaftaran CPNS 2018, Pelamar Harus Lampirkan Bukti Akreditasi PT

Ia mempercayai bahwa IDE Dunia adalah wadah yang penuh kepedulian dalam memikirkan masa depan bangsa. Para pemuda Indonesia dapat mengembangkan talenta dimilikinya serta saling berbagi ilmu dengan menuangkan ide-ide nya melalui media Online, seminar, pemikiran tulisan, dan inovasi bertujuan untuk perubahan labih baik bagi bangsa dan negara.

“Presiden ke 3 Indonesia Almarhum Bapak Dr. Ing. B. J. Habibie berkata, ‘Hanya anak bangsa sendiri lah yang dapat diandalkan untuk membangun Indonesia’ Tidak mungkin kita mengharapkan dari bangsa lain,” tegas Fermi.

“Saya optimis IDE Dunia menanamkan ‘future leaders’ of Indonesia yang sama sekali tidak memandang suku, ras, atau agama hanya bertujuan untuk perubahan agar bangsa lebih maju, adil, Makmur, serta sejahtera”, ucap Fermi Austrianto.

Di tempat berbeda Ketua IDE Dunia Amerika dan Asia Timur Virly Ananda, alumni Xiamen University, China dalam jurusan International Business and Economics dan mahasiswa S2 di Northeastern University, Amerika dalam jurusan Bioinformatics and Data Analytics.

“Saya berharap organisasi ini dapat membangkitkan inovasi dan prestasi anak muda Indonesia, terutama yang sedang merantau di luar negri,” katanya.

Sebagai salah satu mahasiswa Indonesia yang sedang mencari ilmu di negara yang berbeda, merasa bahwa banyak sekali peluang untuk kemajuan anak muda di Indonesia, tetapi dengan waktu yang sama, terkadang mahasiswa Indonesia merasa tidak mendapatkan posisi yang cocok di dalam negri dikarenakan kurangnya beberapa bidang seperti penelitian dan pengembangan (Research & Development).

Baca Juga:  Curhat Warga Tasikmalaya Soal Carut Marut Penyaluran Bansos

“Saya berharap dengan adanya IDE Dunia, saya dan teman teman dalam organisasi ini dapat membantu mahasiswa internasional yang telah dan sedang merantau di luar negri untuk mempunyai keberanian untuk mengubah Indonesia yang lebih baik dengan bakat masing-masing. Saya parcaya generasi muda Indonesia akan bisa lebih optimis untuk mengubah masa depan yang dapat menguncang Indonesia. It’s okay to be different, it’s the only way you can make a difference,” ucap Virly Ananda.

Ketua IDE Dunia Eropa Timur Triska Rahmatul Aini, yang juga Mahasiswi S1 di Erciyes University Jurusan hubungan internasional di Turki ini menambahkan bahwa menjadi bagian dari IDE Dunia adalah suatu kehormatan dan kebanggaan bagi saya.

“Bagi saya IDE Dunia adalah wadah dimana mengajarkan para pemuda menjadi seorang aktifis, berideologis dan tanpa rasis,” ujarnnya

Ia menambahkan, kita bisa berkarya memperbanyak relasi dari berbagai negara dan menciptakan wadah dan mengumpulkan para para orang hebat dari kanca negara demi menciptakan indonesia berkemajuan tentunya.

“Saya percaya bahwa IDE Dunia in bukanlah sekedar perkumpulan atau wadah biasa tetapi IDE Dunia adalah wadah yang memberi dampak positif sekaligus memberi wadah kepada orang orang akan peluang sesuai bakat dan minat mereka,” tambahnya.

“Presiden pertama Indonesia Soekarno berkata: Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”. Artinya: Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya. (QS. At-Taubah: 122),” ujarnya

Baca Juga:  Selama WFH, Kominfo: Traffic Internet Masih Dalam Kapasitas

“Nanti kita akan pulang ke indonesia memberikan apa yang kita punya dan memberikan ilmu yang kita dapatkan selama di negri rantau karena Indonesia butuh pemuda hebat seperti kita. Saya yakin,IDE Dunia ini akan menjadi jalan dan juga solusi bagi setiap orang yg kesulitan mencari peluang kerja dan juga relasi. Saya optimis IDE Dunia mampu menjadikan indonesia berkemajuan hingga internasional”, tegas Triska Rahmatul Aini.

Selain itu Ketua IDE Dunia Timur Tengah Nata Sutisna, juga Mahasiswa di Zaitunah University Tunisia mengatakan IDE Dunia merupakan suatu wadah yang menaruh jutaan harapan anak bangsa dan negara . Semua pemuda bisa berkarya, berkreasi dan berkontribusi untuk Indonesia Emas.

“Saya percaya bahwa IDE Dunia ini bukan hanya menghimpun para pemuda Indonesia yang sedang belajar di luar negeri saja, akan tetapi untuk selamanya IDE Dunia ini harus senantiasa memberikan dampak positif bagi para pemuda Indonesia sekaligus bagi generasi bangsa. Bersama IDE Dunia, para pemuda Indonesia dapat mengembangkan talenta yang dimilikinya, menuangkan ide-ide nya melalui pemikiran tulisan, media, inovasi dan prestasi. Saya optimis IDE Dunia mampu menjadi pesawat terbang yang mengantarkan mimpi bangsa dan negara menuju puncak kejayaan dan kesuksesan”, tegas Nata Sutisna. (Red)