Lama Pendidikan SMK Akan Diubah Kemendikbud, Ini Infonya

Siswa SMK juga diwajibkan mengikuti program praktik kerja di industri.

Ilustrasi- Kemendikbud. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan inovasi pendidikan kejuruan dengan mengubah lama pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sebelumnya tiga tahun menjadi empat tahun.

"Dalam waktu dekat, kami akan berinovasi dengan mengubah SMK menjadi empat tahun atau setara dengan diploma satu atau diploma dua. Terutama untuk program studi tertentu," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto dalam webinar di Jakarta, Rabu (10/6/2020).

Baca Juga:

Kang Emil: SMK Harus di Revitalisasi untuk Memenuhi Kebutuhan Industri

Ridwan Kamil: Rombak Kurikulum SMK, Terapkan Teaching Factory



Dengan lamanya SMK selama empat tahun, maka siswa memiliki cukup waktu untuk mendapatkan bekal sebelum terjun ke dunia usaha dan dunia industri. Siswa SMK juga diwajibkan mengikuti program praktik kerja di industri. Jika siswa tersebut tidak mengikuti praktik kerja maka belum bisa diluluskan.

"SMK dirancang empat tahun dan begitu lulus, siswanya bisa langsung kerja di industri," kata dia.

Kurikulum SMK, juga harus disesuaikan dengan kebutuhan industri. Kurikulum diharapkan dapat membangun kemampuan teknis dan kemampuan nonteknis siswa. Sehingga bisa menjadi lulusan yang fleksibel dan mampu bekerja di berbagai industri.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Kurikulum SMK Siswa SMK Diploma Satu Lama Pendidikan Pelajar SMK Praktik Kerja Kemendikbud Sekolah Menengah Kejuruan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto Webinar Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Pembunuhan Siswa SMK Di Bogor, Polisi Kesulitan Cari Pelaku

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi