aqua

Pendidikan Ditengah Pandemi

Sunarta. (Foto: Dok. Pribadi)

Penulis: Surnata (Civitas Akademisi Mahasiswa Pendidikan At-Taqwa Bekasi)

Bermula dari merebaknya Virus Corona jenis baru (SARS-Cov2) atau yang disebut Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), didataran Negeri China tepatnya di Provinsi Wuhan pada akhir 2019 menjadi pandemi global. Sehingga, penyebarannya pun meluas hingga keseluruh Negara yang ada didunia termasuk Indonesia.

Baca Juga:

Inilah Asal Usul Presiden Joko Widodo Disapa Jokowi

Demi Citarum Harum, Bakal Ada Dermaga BCL di Purwakarta



Di Indonesia kasus Covid-19 bermula dari warga yang tinggal di Depok Jawa Barat, yaitu seorang Ibu (64 Tahun) dan Putrinya (31 Tahun) mereka berdua sebelumnya sempat melakukan kontak fisik secara langsung dengan Warga Negara Asing asal Jepang yang terinfeksi Covid-19. Sejak itu pula Indonesia menjadi salah satu Negara yang terdampak Covid-19, yang di umumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Negara-Jakarta pada 2 Maret 2020.

Terhitung sejak Presiden Indonesia mengumumkan adanya Warga Negara Indonesia yang terinfeksi Covid-19, beberapa upaya dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19. Kita ketahui bahwasanya penyebaran Covid-19 ini sangat cepat menular seperti dengan kontak fisik secara langsung. Setelah itu pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mengurangi keramaian yang mengandung banyak orang (Social/physical Distancing). Menjaga kebersihan dan menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah demi terputusnya penularan Covid-19.

Melihat penyebarannya yang semakin pesat, bertambahnya kasus setiap harinya menjadi tantangan untuk pemerintah dalam membuat kebijakan yang mengedepankan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Ibu Kota Jakarta menjadi provinsi pertama yang mengajukan pemberlakuan setelah mendapat izin dari kementerian kesehatan untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), selanjutnya diikuti oleh daerah-daerah lain yang menjadi zona hijau demi memutus penyebaran Covid-19.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Virus Corona Covid-19 Presiden Joko Widodo Social Distancing Physical Distancing PSBB Proporsional New Normal Adaptasi Kebiasaan Baru Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Inilah Sejarah Singkat Istana Bogor

Pemerintah Rilis Foto Kenegaraan Jokowi-Maruf

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi