aqua

Simak, Ini Cara dan Syarat Agar Debitur UMKM Dapat Subsidi Bunga

Ada 2 PMK sebagai tindak lanjut program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Ilustrasi- Subsidi Bunga. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menerbitkan dua Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 64/PMK.05/2020 tentang Penempatan Dana Pada Bank Peserta dan Nomor 65/PMK.05/2020 tentang tata cara pemberian subsidi bunga/subsidi margin untuk kredit pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah. 2 PMK ini sebagai tindak lanjut program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Apalagi Pemerintah dan OJK dalam melaksanakan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (Program PEN) pada 28 Mei 2020 telah ditandatangani Keputusan Bersama Menteri Keuangan (Menkeu) dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (Ketua DK OJK) nomor 265/KMK.010/2020 dan nomor SKB-1/D.01/2020 tentang Koordinasi Pelaksanaan Penempatan Dana dan Pemberian Subsidi Bunga Dalam Rangka Program Pemulihan Ekonomi Nasional.



Dengan terbitnya Nomor 65/PMK.05/2020, debitur UMKM mendapat subsidi bunga untuk kredit atau pembiayaan UMKM.

"Program pemberian subsidi bunga merupakan inisiatif pemerintah dan OJK siap mendukung serta mengakselerasi implementasinya agar dapat berjalan dengan baik," tulis keterangan resmi OJK, Jakarta, Kamis (11/6/2020).

Subsidi bunga adalah bagian bunga yang menjadi beban Pemerintah sebesar selisih antara tingkat bunga yang diterima oleh penyalur kredit/pembiayaan dengan tingkat bunga yang dibebankan kepada Debitur. Pengajuan subsidi bunga mencakup beban bunga debitur di Bank/BPR/PP konvensional dan margin di Bank/BPR/PP syariah.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Debitur Subsidi Bunga Pemulihan Ekonomi Nasional Peraturan Menteri Keuangan UMKM Pembiayaan UMKM Otoritas Jasa Keuangan Ketua DK OJK Menteri Keuangan Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi