Pengguna Transportasi Darat Wajib Baca SE Dari Kemenhub Ini

Sistem zonasi dalam berkendara saat masa adaptasi kebiasaan baru.

Ilustrasi- Logo Kemenhub. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menetapkan sistem zonasi dalam berkendara sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 11/2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Transportasi Darat pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran COVID-19.

Ada empat zonasi normal baru, yang digunakan dalam perlakuan pergerakan orang dan kendaraan dengan transportasi darat pada masa adaptasi kebiasaan baru yakni merah, oranye, kuning, dan hijau.

Baca Juga:

Berikut Ini Pembagian 4 Wilayah Zonasi PPDB Kota Bandung

Mendikbud: PPDB 2020 Tetap Gunakan Sistem Zonasi



“Mengenai pergerakan orang dan kendaraan, dalam masa adaptasi kebiasaan baru ini jika perjalanan dari zona yang berbeda, maka harus mengikuti aturan dari zona yang terburuk. Misalnya dari zona hijau menuju ke zona merah, maka ketentuan yang berlaku adalah dengan zona merah. Jika dari zona oranye ke zona hijau pun yang berlaku adalah ketentuan zona oranye,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (11/6/2020).

Adapun pengertian dan ketentuan zona tersebut, yakni zona merah adalah risiko tinggi, yaitu PSBB penyebaran virus tidak terkendali, transmisi lokal sudah terjadi dengan cepat, wabah menyebar secara luas dan banyak klaster-klaster baru, masyarakat harus berada di rumah, perjalanan tidak diperbolehkan.

Zona oranye untuk risiko sedang, yaitu PSBB resiko tinggi penyebaran dan potensi virus tidak terkendali, transmisi lokal sudah terjadi dengan cepat, klaster-klaster baru mungkin bisa dipantau dan dikontrol melalui testing dan tracing agresif, masyarakat disarankan tetap berada di rumah, physical distancing jika di luar rumah di semua aspek termasuk transportasi publik, perjalanan dengan protokol kesehatan diperbolehkan.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Pengguna Transportasi Tarnsportasi Darat Sistem Zonasi Zonasi Berkendara Surat Edaran SE Kemenhub New Normal Adaptasi Kebiasaan Baru Budi Setiyadi Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Sebanyak 86 Laporan Terkait PPDB di Jawa Barat Masuk ke Ombudsman

Muhammadiyah: Sistem Zonasi Untuk Pemerataan Layanan Pendidikan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi