Moeldoko: Pemerintah Tetap Optimis Tangani Pandemi Covid-19

JABARNEWS | JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan bahwa pemerintah tetap optimistis dalam menangani pandemi virus corona atau Covid-19.

Hal itu ditegaskan Moeldoko ketika menjadi menjadi pembicara utama webinar series “Leadership in The Time of Crisis” yang diselenggarakan Universitas Paramadina, di Jakarta, Kamis (11/6/2020).

“Pandemi Covid-19 bukanlah sesuatu yang mudah diatasi, namun pemerintah optimistis menangani wabah ini. Optimisme itu ditunjukkan lewat kepempimpinan yang melindungi masyarakat dan sinergi dengan sejumlah pihak,” kata Moeldoko.

Baca Juga:  Kabar Baik.. Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Kembali Dibuka, Ini Caranya

Menurut Moeldoko, pandemi Covid-19 memang hal yang luar biasa dan membutuhkan kolaborasi dengan pemerintah daerah karena tantangan geografis dan populasi di Indonesia.

Ada tujuh prinsip utama pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Pertama, pemerintah bersikap tenang dengan menentukan kebijakan yang tertata dengan baik. Kedua, pemerintah berkolaborasi dengan berbagai berbagai elemen, baik pemerintah daerah maupun tokoh masyarakat. Ketiga, pemerintah juga melakukan pendekatan berbasis komunitas. Keempat, pemerintah menetapkan instruksi yang jelas.

Baca Juga:  Bersiap! Jutaan UMKM Produktif di Jabar Akan Terima Bantuan BLT

“Artinya masyarakat harus sehat terhindar dari penyakit, tetap bisa hidup atau makan dan masyarakat tetap bisa berusaha,” kata Moeldoko.

Kelima, optimisme pemerintah bahwa pandemi ini dapat diselesaikan. Keenam, pemerintah membangun komunikasi yang sehat dan efektif dengan berbagai pihak. Ketujuh, pemerintah menyiapkan dana atau anggaran untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga:  Tabrakan Bus Renggut Dua Nyawa di Tol Cipali, Begini Kronologisnya

“Pemerintah sama sekali tidak ingin mengorbankan rakyat. Prioritas adalah menuntaskan Covid-19 tetapi faktor sosial dan ekonomi tidak boleh diabaikan,” kata Moeldoko. (Red)