Ingin Tagihan Listrik Lebih Hemat? Coba 4 Langkah Mudah Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Pandemi COVID-19 memang masih belum jelas kapan akan segera usai. Namun, ada baiknya kita segera dan mulai berhemat dari sekarang. Salah satunya mengurangi Tagihan Listrik.

Seperti diketahui, baru-baru ini ramai lonjakan tagihan listrik yang dikeluhkan banyak orang. Terlepas dari polemik kenaikan tagihan listrik, tidak ada salahnya kita berhemat listrik agar pengeluaran bisa lebih dikontrol.

Berikut ini ada beberapa cara menghemat Tagihan Listrik selama di rumah saja.

1. Gunakan Lampu LED – Jika saat ini Anda masih menggunakan bola lampu pijar di dalam rumah, maka segeralah beralih untuk menggunakan lampu LED. Hal ini perlu dilakukan karena LED merupakan pilihan terbaik untuk menerangi rumah yang ramah lingkungan, berbiaya rendah, dengan tingkat efisiensi energi yang tinggi.

Baca Juga:  Kapolri Sigit Pantau Langsung Arus Mudik Pakai Heli, Ini Hasilnya

2. Turunkan Konsumsi AC – Salah satu cara mengurangi biaya Tagihan Listrik bulanan. Pendingin ruangan banyak digunakan masyarakat yang tinggal di iklim panas atau iklim tropis. Hal tersebut mereka lakukan untuk membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman dan sejuk. Padahal AC yang digunakan tersebut merupakan salah satu faktor yang membuat biaya listrik bulanan menjadi membengkak.

Jangan terlalu sering menggunakan pendingin ruangan, sebab tubuh Anda memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sekitar. Untuk opsi yang lebih Hemat biaya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kipas angin, saat cuaca di luar rumah sangat panas.

Baca Juga:  Duh! Kasus Omicron di Indonesia Terus Bertambah, Kemenkes Bilang Begini

3. Matikan Alat Elektronik Saat Tak Digunakan – Pasti Anda tidak menyadari dan sering tidak mencabut peralatan elektronik dari sumber listrik, saat sedang tidak digunakan. Beberapa peralatan elektronik yang biasanya dibiarkan tersambung pada sumber listrik dan tidak digunakan adalah TV, komputer, DVD Player, dan lainnya.

Tahukah Anda bahwa peralatan elektronik yang masih tersambung pada sumber listrik akan tetap menggunakan daya dan membebani biaya listrik, meskipun Anda tidak sedang menggunakannya.

Baca Juga:  Tak Terhalang Covid-19, Program PESAT bank bjb Bantu UMKM Tetap Berjalan

Biasakan diri Anda dan keluarga untuk segera mencabut peralatan elektronik yang tidak terpakai dari sumber listrik. Hal yang perlu diprioritaskan adalah pada saat Anda akan pergi keluar dalam waktu yang cukup lama.

4. Beli Alat Elektronik Hemat Listrik – Cara terakhir yang bisa dilakukan kedepannya adalah lebih bijaksana membeli alat elektronik. Biasanya alat elektronik berkualitas memiliki daya yang lebih kecil dan memiliki fitur penghematan daya.

Tak perlu terburu-buru untuk mengganti semua alat elektronik di rumah, Anda bisa melakukannya nanti jika ada alat elektronik yang perlu diganti. (Red)