aqua

Refleksi RUU HIP: Komunisme Tidak Pernah Mati

Ahmad Syaikhu Anggota DPR RI. (Foto: Net)

Penulis: Ahmad Syaikhu (Anggota DPR RI).

Banyak orang berpikir komunisme telah mati. Seiring berakhirnya Perang Dingin, runtuhnya Tembok Berlin, dan bubarnya Uni Soviet. Ditambah Mikail Gorbachev menggaungkan glasnost (keterbukaan politik) dan perestroika (restrukturisasi ekonomi), di negeri asal komunisme. Hingga kini, masih banyak yang berpendapat demikian. Nafas komunisme telah berakhir. Jasadnya terkubur dalam-dalam di liang lahat peradaban dunia.

Baca Juga:

Tolak RUU HIP, Banom NU: Tidak Memiliki Urgensinya

Ramai Penolakan Soal RUU HIP, ANNAS Buka Suara



Di Indonesia, mereka yang berpikiran seperti itu juga ada. Bahkan banyak. Mereka menyebut, komunis adalah ideologi yang sudah bangkrut dan sudah mati di seluruh dunia. Di Republik Rakyat Cina sekalipun, ideologi komunis hanya tinggal di atas kertas. Namun di Indonesia masih banyak yang termakan isu soal kebangkitan komunis.

Benarkah komunisme sebagai ideologi sudah mati?

Sosiolog Inggris, Anthony Giddens, menyatakan bahwa komunisme dan sosialisme merupakan sebuah hantu yang terus membuntuti eksistensi paham liberalisme dan kapitalisme. Komunisme nyatanya cenderung bermetamorfosis menjadi sebuah pergerakan modern yang justru lebih masif dan mengerikan.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : RUU HIP Komunisme Ahmad Syaikhu Anggota DPR RI Ideologi Komunis Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila TAP MPR Ideologi Komunisme Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

MUI Se-Indonesia Keluarkan Maklumat Soal RUU HIP, Ini Isinya

Kemenhub Hapus Batasan 50% Jumlah Penumpang, Syaikhu Ingatkan Hal Ini

Di Hari Lahir Pancasila Ahmad Syaikhu Soroti TAP MPRS

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi