Banjir Di Sei Bamban Sergai Rendam 120 Rumah

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Banjir yang melanda Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara semakin meluas. Setidaknya tercatat 120 rumah di beberapa desa dan ratusan hektar tanaman padi terendam banjir.

Pantauan Jabarnews.com, Jumat (12/6/2020) banjir melanda Kecamatan Sei Bamban sudah hampir merendam Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di Dusun 5, Desa Pon, Kecamatan Sei Bamban. Ketinggian debit air mencapai 30 centimeter.

Baca Juga:  Pilkada Depok, Bawaslu Temukan Delapan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Yanti warga sekitar mengatakan, air mulai menggenangi pemukiman warga sejak, Kamis (11/6/2020) siang. Air terus naik sehingga nyaris sampai ke Jalinsum.

“Air terus naik dan nyaris ke Jalinsum,” katanya.

Camat Sei Bamban J Gultom mengakui bertambahnya jumlah rumah terendam banjir sejak Kamis sore sampai malam hari mencapai 120 rumah dan merendam ratusan hektar tanaman padi.

Baca Juga:  Mengeskplor Potensi Alam Desa Suntenjaya Dan Permainan Tradisional Kadaplak

“Banjir semakin meluas sejak Kamis sore, dari laporan mencapai 120 rumah terendam dibeberapa desa,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Serdang Bedagai Johan Sinaga mengatakan, banjir yang terjadi di beberapa desa di Kecamatan Sei Bamban disebabkan curah hujan cukup tinggi dan jebolnya tanggul dibantaran Sungai Sei Belutu.

Baca Juga:  Positif Covid-19 Meningkat, Paguyuban Pasundan Desak Pilkada Ditunda

“Banjir akibat jebolnya tanggul di sekitar Desa Sei Belutu sehingga air sungai mengalir ke pemukiman warga,” ujarnya.

Sebagai penutup Johan menambahkan, untuk mengatasi itu pihak Dinas PUPR dan masyarakat melakukan gotong royong dengan menimbun tanggul yang jebol dengan menggunakan tanah dimasukkan dalam karung bantuan dari BWS Sumatera Utara. (Ptr)