Lestarikan Budaya, PANDI bersama Unpad Gelar Lomba Website Aksara Sunda

JABARNEWS | BANDUNG – Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bersama Pegiat Aksara Sunda dari Pusat Digitalisasi dan Pengembangan Budaya Sunda Universitas Padjadjaran (PDP-BS Unpad) menyelenggarakan lomba pembuatan laman web berdomain aksara Sunda, dengan sebagian atau seluruh isi kontennya menggunakan aksara daerah itu.

Chief Registry Operator (CRO) PANDI Mohamad Shidiq Purnama menjelaskan bahwa lomba ini merupakan kali kedua yang diselenggarakan, setelah sebelumnya digelar lomba serupa berdomain Aksara Jawa (Hanacaraka).

“Lomba ini merupakan rangkaian acara lanjutan, dalam rangka pelestarian aksara nusantara yang memang menjadi concern PANDI,” ujar Shidiq dikutip dari siaran pers, Jumat (12/6/2020).

Shidiq mengatakan bahwa agenda tersebut merupakan salah satu cara pelestarian budaya aksara nusantara yang lambat laun semakin ditinggalkan generasi sekarang.

Baca Juga:  Ini Alasan Pelatih Timnas U-16 Denda Pemain Yang Makan Sembarangan

“Kami berkomitmen untuk bisa ikut berpartisipasi dalam rangka pelestarian budaya aksara nusantara, agar bisa terdigitalisasi sehingga dapat digunakan sebagai alamat (domain name) di internet,” jelas Shidiq.

Shidiq menambahkan untuk format pendaftaran akan dimulai pada pertengahan bulan Juni, dan akan ditutup 14 Agustus 2020. Batas waktu submit website hingga 13 November, dan pemenang akan diumumkan 11 Desember mendatang.

“Untuk pendaftaran peserta bisa langsung submit di tautan s.id/lombaaksarasunda, untuk informasi lebih lanjut bisa didapat di semua platform media sosial PANDI,” tutup Shidiq.

Dadan Sutisna selaku Sekretaris Yayasan Kebudayaan Rancagé mengatakan, aksara nusantara merupakan warisan budaya yang sangat berharga untuk dipelihara. Kegiatan ini selaras dengan rekomendasi Tim Unicode Aksara Sunda yang pernah dibentuk tahun 2008, ketika aksara Sunda didaftarkan ke Konsorsium Unicode.

Baca Juga:  Hamil Saat Menstruasi, Bisakah?

“Kala itu, kami berharap agar aksara Sunda bisa dikembangkan oleh masyarakat melalui berbagai perangkat digital. Sekarang sudah cukup banyak kalangan yang menaruh perhatian pada pengembangan aksara Sunda, mulai dari pembuatan fonta hingga aplikasi berbasis Android.

“Adalah benar bahwa belakangan aksara Sunda mulai tergerus oleh jaman, bahkan kaum milenial banyak yang tidak tahu ini (aksara Sunda). Sudah menjadi kewajiban untuk terus mewariskan budaya leluhur agar mengikuti perkembangan jaman,” tambah Dadan.

Ketua PDP-BS Unpad, Prof. Dr. Ganjar Kurnia mengatakan bahwa lomba ini sejalan dengan salah satu tujuan PDP-BS, yaitu menyelamatkan kekayaan budaya tulis orang Sunda dari kepunahan dan menyebarluaskannya kembali kepada masyarakat.

Baca Juga:  Warga Berbondong Serbu Kantor Pos Ambil Bansos Gubernur, PSBB Ambyar

Melalui lomba ini, semua orang terutama masyarakat Jawa Barat bisa tergerak untuk ikut berpartisipasi dalam melestarikan aksara Sunda tersebut.

“Semoga masyarakat bisa ikut berperan dalam menjaga kelestarian aksara Sunda, memadukannya dengan kemajuan teknologi melalui website, agar (aksara Sunda) bisa lebih dikenal lagi oleh kalangan milenial dan masyarakat luas,” ungkap Ganjar.

Sebelumnya, PANDI juga telah menyelenggarakan lomba serupa berkonten Aksara Jawa (Hanacaraka) bekerja sama dengan komunitas pegiat Aksara Jawa Yogyakarta dan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

PANDI akan menggandeng pegiat aksara daerah lain untuk menyelenggarakan lomba serupa dalam rangka digitalisasi aksara nusantara. (Ara)