Bingung Cari Situs Tryout Online Untuk Persiapan UTBK-SBMPTN, Baca Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi sebagian orang ujian SBMPTN menjadi penentu keberhasilan berhasil diterimanya kuliah di Perguruan Tinggi Negeri atau tidak.

Selain itu, tes SBMPTN juga merupakan tes masuk Perguruan Tinggi Negeri yang hanya diadakan sekali dalam setahun, sehingga bagi yang tidak diterima, mau tidak mau harus mencoba lagi di tahun berikutnya.

Meskipun ada beberapa Universitas yang mengadakan ujian mandiri, akan tetapi tes SBMPTN menjadi momen yang sangat dinanti karena para siswa tidak perlu mengeluarkan ongkos lebih untuk mengikuti tes di Perguruan Tinggi Negeri yang mereka inginkan, terutama bagi yang tinggal lintas pulau.

Selain itu, lokasi tes yang disesuaikan dengan domisili juga membuat ujian satu ini banyak diikuti oleh para siswa dari daerah yang bercita-cita untuk bisa melanjutkan ke Universitas yang diinginkan. Hanya saja, banyaknya peserta yang mengikuti ujian ini secara tidak langsung membuat momen tes SBMPTN sekaligus dijadikan sebagai ajang dalam berkompetisi untuk memperebutkan bangku Universitas yang terbatas.

Nah, dikarenakan hal itulah berbagai cara pun dilakukan oleh para siswa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tes, mulai dari mengikuti bimbingan belajar (bimbel) hingga mengerjakan contoh-contoh soal yang terdapat di situs soal latihan SBMPTN yang sudah bisa kamu temukan dengan mudahnya melalui internet.

Jika kamu saat ini merupakan satu dari beribu-ribu orang yang tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian SBMPTN, jangan patah semangat. Karena di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa situs soal latihan SBMPTN yang bisa kamu temukan dengan mudahnya di internet secara gratis.

Baca Juga:  Gelontorkan Rp 46 Miliar, Mall Pelayanan Publik Cimahi Harus Selesai Tahun Ini

Ini rekomendasi Situs Soal Latihan SBMPTN Gratis

1. Tryout.id – Situs soal latihan SBMPTN selanjutnya adalah tryout.id. Agar bisa mengunduh dan mengerjakan soal-soal yang disediakan, kamu diwajibkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Tidak hanya untuk mempersiapkan ujian tryout SBMPTN saja, situs ini juga menyediakan contoh-contoh soal untuk jenjang pendidikan lainnya, seperti Ujian Nasional SD, SMP, SMA, SMK, STAN, CPNS, Kebidanan, hingga Perbankan.

Registrasinya itu sendiri bisa kamu lakukan secara langsung di situsnya secara gratis. Apabila untuk pusat pembelajaran soal dan pembahasan terlengkap dan terbaik di Indonesia kita memiliki Ruang Guru sebagai versi berbayarnya, maka untuk versi gratis kita memiliki tryout.id.

Nah, setelah kamu melakukan pendaftaran, selanjutnya kamu sudah bisa mengikuti tryout online dengan memilih menu SBMPTN yang berada di bagian Home Page. Ribuan soal dari berbagai materi pelajaran bisa kamu dapatkan, mulai dari Kimia, Fisika, Bahasa Indonesia, Ekonomi, Sejarah, hingga Tes Potensi Akademik yang disertai dengan soal-soal dari tahun sebelumnya lengkap dengan jawaban dan pembahasan.

2. Zenius.net – Selanjutnya ada zenius.net yang juga bisa dijadikan sebagai pilihan untuk situs soal latihan SBMPTN. Tidak jauh berbeda dengan situs-situs lainnya, di Zenius kamu juga bisa melakukan latihan soal SBMPTN secara online lengkap dengan pembahasannya.

Tidak hanya soal SBMPTN, disini kamu juga bisa belajar untuk jenjang lainnya, mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Selain itu, kamu bahkan juga bisa mempersiapkan diri bukan hanya untuk SBMPTN saja, melainkan juga untuk Ujian Mandiri di beberapa Perguruan Tinggi Negeri lho.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Perpanjang PBM Di Rumah

Hanya saja, untuk bisa menikmati seluruh fitur yang ada, kamu diharuskan untuk menjadi membership terlebih dahulu dengan harga yang cukup terjangkau, khususnya bagi para pelajar.

3. Utron.id – Meskipun tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan situs-situs yang baru saja disebutkan di paragraf sebelumnya, utron.id juga patut dijadikan sebagai pilihan untuk situs soal latihan SBMPTN.

Di situs ini kamu bisa melakukan tryout secara online untuk mempersiapkan ujian SBMPTN tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Tidak jauh berbeda dengan situs lainnya, di Utron kamu juga diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum bisa mengerjakan soal yang disediakan.

Terdapat tiga jenis soal yang bisa kamu pilih, yaitu TKA Saintek, TPS, dan TKA Soshum. Nah, untuk sistem pengerjaannya, kamu hanya perlu mengerjakan soal seperti biasa. Kemudian setelah selesai mengerjakan seluruh soal yang ada, kamu akan mendapatkan poin yang mana apabila dijumlahkan kamu juga bisa mengetahui passing grade yang kamu dapatkan.

Setiap soal akan memiliki bobot poin yang berbeda, tergantung dari tingkat kesulitan dari masing-masing soal. Jika kamu telah menyelesaikan seluruh tryout, pada nantinya kamu juga bisa mendapatkan hasil yang akan dikirimkan melalui email. Selain itu, perlu diketahui pula bahwa situs ini gratis sehingga mungkin contoh-contoh soal yang disediakan pun cenderung terbatas.

4. Mediaeduka.com – Selanjutnya ada mediaeduka.com yang juga masuk ke dalam daftar rekomendasi situs soal latihan SBMPTN yang bisa kamu coba. Hanya dengan melakukan registrasi saja, kamu sudah bisa mengunduh soal-soal yang tersedia secara gratis.

Baca Juga:  Dinkes Cianjur Catat Kesehatan Empat Orang PDP Mulai Membaik

Selain SBMPTN, di mediaeduka.com kamu juga bisa menjumpai contoh-contoh soal untuk mempersiapkan tes CPNS dan Ujian Nasional di berbagai jenjang lho, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga SMK. Tidak hanya menyediakan course secara gratis, melalui mediaeduka.com kamu juga bisa membeli buku kisi-kisi hingga modul sakti di berbagai mata pelajaran dengan harga yang relatif sangat terjangkau.

5. Ruang Guru – Situs soal latihan SBMPTN yang pertama dan mungkin paling terkenal di Indonesia adalah Ruang Guru. Situs satu ini bukan hanya menyediakan contoh-contoh soal untuk SBMPTN saja, melainkan juga membantu para siswa dalam mengerjakan tugas-tugas mereka di semua jenjang, mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

Tidak hanya itu saja, Ruang Guru bahkan juga menyediakan kelas untuk mengembangkan soft skill yang kamu miliki lho, sehingga untuk kedepannya kamu bisa lebih siap dalam menghadapi dunia kerja atau keterampilan-keterampilan yang membuatmu mudah dalam mendapatkan pekerjaan impian.

Hanya dengan melakukan registrasi, kamu sudah bisa mengunduh contoh-contoh soal SBMPTN yang disediakan di berbagai mata pelajaran, mulai dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika Dasar, Biologi, dan masih banyak lagi. Melalui situs ini kamu akan menemukan 10 contoh pertanyaan yang juga dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan untuk masing-masing mata pelajaran.

Hanya saja, agar kamu bisa menikmati seluruh fitur yang disediakan, kamu diharuskan untuk menjadi member dan membayar sejumlah uang, tetapi tentunya masih terjangkau untuk para siswa. Jika tidak menjadi member, maka kamu hanya bisa mengunduh soal dan mengerjakannya secara offline. (Red)