Ternyata Ada Dampak Negatif Nonton Situs Film Gratis

JABARNEWS | BANDUNG – Kebiasaan menonton film dengan cara streaming di internet secara gratis sering dianggap hal yang menyenangkan. Namun ternyata dibalik kemudahan itu ternyata ada bahaya yang tersembunyi di balik kebiasaan nonton film di situs ilegal seperti IndoXXI, LK21 dan Ganool.

Menurut Pengamat Siber dari Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, berbahaya bagi penontonnya. Pasalnya situs streaming ini bisa saja mengandung bahaya bagi penontonnya. Bisa saja situs yang terbuka secara otomatis dari ketika mengklik streaming film ini mengandung malware yang merusak perangkat komputer atau ponsel.

Baca Juga:  Viral Pengemudi Pajero Aniaya Sopir Truk di Sunter, Ternyata Ini Pelakunya

“Kita juga harus bertanya kenapa mereka mengasih secara free, apa untungnya? Ternyata mereka mengambil data kita. Mereka mengambil untung dari situ,” jelas Ismail Fahmi, seperti dikutip awal pekan ini.

Baca Juga:  Dugaan Pungutan SPP SMKN 1 Cianjur, Begini Kata Kepala Sekolah

Bagi para sineas, menonton streaming film serupa IndoXXI merusak hak cipta dan membuat mereka kehilangan pendapatan yang tak sedikit. Ini bisa merusak industri perfilman di masa mendatang karena bisnis ini menjadi tak menjanjikan bagi para pekerjanya.

Bagi pemerintah, sering menonton di streaming film memberi citra buruk bagi negara karena pelanggaran hak cipta dan mengurangi pendapatan negara karena berkurangnya jumlah penonton di bioskop.

Baca Juga:  Kota Bekasi Sudah Siap Untuk Terapkan PSBB

Fahmi pun menyarankan pengguna untuk mengakses situs streaming film legal seperti Netflix, Iflix dan sejenisnya. Sekarang ini biaya berlangganan situs ini sudah tergolong murah dan terjangkau. (Red)