Usaha Ternak Domba di Purwakarta Kian Menjanjikan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak, potensi peternakan domba di Kabupaten Purwakarta menjadi peluang emas. Pasalnya, dengan usaha ternak itu dapat mendorong usaha alternatif ekonomi kerakyatan yang mudah.

Hal tersebut lah yang mendasari kelompok Gembala Lestari Family (GLF) di Desa Pasirmunjul, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, memilih peternakan yaitu dengan sistem penggembukan domba (fatting)

Perternakan yang sudah berdiri hampir 3 tahun itu sedikit banyak membantu sebagian masyarakat khususnya peternak domba yang tersebar di Desa tersebut.

Baca Juga:  Luhut : Jangan Pesimis Soal Indonesia 2030

“Kelompok peternakan ini menjadi wadah bagi para peternak lokal untuk tukar ilmu dan informasi seputar perkembangan baik dari harga maupun cara perawatan ternak,” kata ketua kelompok Gembala Lestari Famili, Dadan Supriatna. Pada Sabtu (13/6/2020).

Saat ditanya berapa omset perbulan dari peternakan domba yang ia miliki? Dirinya mengaku, baru diangka sekitar Rp.30 Juta rupiah.

“Itu dibulan biasa belum dihari keagaaman seperti maulid nabi, rajaban dan Idhul Adha,” jelasnya.

Baca Juga:  Polrestabes Bandung Amankan 429 Orang Massa Unras Selama Tiga Hari

Saat ini peternak berusia 32 Tahun itu tengah sumeringah, pasalnya hampir sebagian ternaknya telah di pesan baik masyarakat maupun panitia qurban Idhul Adha di tahun ini.

“Total ada sekitar 240 ekor domba yang mayoritas pejantan yang tersebar di 4 kandang,” ungkap Dadan.

Ditengah pandemi Covid 19 ini, Dadan mengungkapkan, telah berdampak pada perputaran jual beli ternak domba. Sebab hampir seluruh pasar hewan baik di Purwakarta dan beberapa kabupaten lainya di tutup sementara oleh pemerintah untuk mencegah kerumunan massa.

Baca Juga:  Keren, Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Wastafel Injak dan Sabun Rumput Laut

“Dengan adanya kelonggaran PSBB dari pemerintah membawa angin segar bagi peternak seperti kami karena pasar hewan mulai beraktifitas normal kembali,” ujar Dadan.

Dirinya mengatakan, saat ini harga ternak domba mulai mengalami kenaikan omset penjualan. Bahkan kini banyak peternak khususnya di Pasirmunjul telah menyimpan stok ternak untuk dijual dihari raya Idhul Adha.

“Kami berharap kondisi semakin membaik hingga hari raya idhul Adha,” harapnya. (Gin)