Ketua MPR Bamsoet Bantu Suarakan Keadilan Sosial Bagi Rakyat Papua

Menyuarakan keadilan tak sama dengan makar ataupun tindakan kriminal. Sehingga tidak memicu timbulnya konflik lanjutan

Bambang Soesatyo. (Foto: Dok. MPR RI)

JABARNEWS | JAKARTA - Sebanyak tujuh orang pemuda Papua tersebut dijerat atas dugaan makar dalam aksi demonstrasi anti rasisme pada Agustus 2019 lalu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong penegak hukum mengedepankan pendekatan persuasif, humanis, dan strategis, dalam menyelesaikan berbagai dugaan diskriminasi hukum terhadap tujuh orang pemuda Papua yang didakwa 5-17 tahun di Pengadilan Negeri Balikpapan, Kalimantan Timur. 

"MPR RI terus terlibat membantu saudara-saudara kita yang menyuarakan keadilan sosial terhadap Papua agar tak mendapatkan diskriminasi hukum. Menyuarakan keadilan tak sama dengan makar ataupun tindakan kriminal. Sehingga tidak memicu timbulnya konflik lanjutan yang bisa menimbulkan gejolak," ujar Bambang Soesatyo di Jakarta, Sabtu (13/6/2020).

Baca Juga:

Adu Kuat Restu Jokowi untuk Partai Beringin

Bamsoet Berharap Pelayanan Bagi Wajib Pajak Harus Lebih Cepat dan Mudah



Salah satunya melalui MPR RI FOR PAPUA yang diketuai Yorrys Raweyai, MPR RI telah mengunjungi Surya Anta dan lima mahasiswa Papua yang di tahan di Mako Brimob pada November 2019 lalu. Alhamdulilah berkat kerja keras semua pihak, keenam saudara kita tersebut yakni Surya Anta Ginting, Anes Tabuni alias Dano Anes Tabuni, Charles Kossay, Ambrosius Mulait, dan Arina Elopere alias Wenebita Gwijangge, telah dibebaskan pada Mei 2020.

Saat menjadi keynote speaker dialog virtual 'Rasisme Vs Makar', Ketua MPR RI juga menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada Kapolda Papua Paulus waterpaw yang juga putra daerah atas kerja keras tanpa kenal lelah dalam menjaga situasi Papua, sehingga tetap konsusif.

“Saya dukung jika suatu saat Kapolri menambah satu bintang lagi di pundak Paulus. Agar ada kebanggaan, ada putra Papua jenderal bintang tiga,” ujar Bamsoet.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Bambang Soesatyo Bamsoet Pemuda Pancasila MPR RI Pengadilan Negeri Balikpapan Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Airlangga Dan Bamsoet Bersaing Mendapatkan Dukungan

Kubu Bamseot dan Airlangga Saling Klaim Dapat Dukungan 400 DPD

Yorrys Raweyai: Bamsoet Dapat Dukungan 400 DPD I dan II

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi