Ingat! Gubernur Emil Berpesan Jangan Sediakan Menu Prasmanan di Tempat Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan seruan disampaikan dalam upaya mencegah terjadinya penularan virus corona (Covid-19). Karenanya Restoran, Cafe, Hotel, Resepsi dilarang menyajikan dengan sistem saji parasmanan atau buffet.

“Kalaupun ada, harus dilayani oleh petugas khusus bersarung tangan dan bermasker plus face shield, Sehingga pengunjung tidak silih pegang piring sajian makanan atau sendok sajian,” ujarnya.

Baca Juga:  Kinerja Dianggap Buruk, Begini Respons Biro BUMD Jabar

Dia melanjutkan, karyawan yang melayani tamu di restoran juga harus sesuai protokol. Mereka harus memakai sarung tangan, masker dan face shield.

Pelarangan prasmanan atau buffet itu disampaikan  Ridwan Kamil melalui akun Instagram pribadinya @ridwankamil.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengunggah sebuah video berdurasi singkat. Video tersebut tentang penularan virus corona Covid-19.

Baca Juga:  Buntut Liga 2 dan Liga 3 Dihentikan, Manager Persipura Minta LIB Diaudit

“INILAH KENAPA PARASMANAN DILARANG selama pandemi dan AKB,” tulis Ridwan Kamil dalam  keterangan videonya itu.

Emil menjelaskan tentang video eksperimen yang dilakukan di Jepang. Satu pengunjung yang diasumsikan kena Covid-19 diberi fluorescence di tangan.

“Dalam 15 menit semua sudah terkena cairan tersebut,” tulis Ridwan Kamil.

Baca Juga:  Hasil Patroli Siber, Polda Jabar Ungkap 2 Tersangka Hoaks Corona

Oleh karena itu, lanjut Ridwan Kamil, restoran, kafe, hotel, resepsi dilarang menyajikan dengan sistem saji parasmanan atu bufet.

Kalau pun ada, harus dilayani oleh petugas khusus bersarung tangan dan bermasker plus face shield. Sehingga pengunjung tidak saling pegang piring sajian makanan atau sendok sajian.

“Mohon para pemilik restoran/cafe/EO acara memahami ini,” pintanya. (Red)