aqua

Di Masa Pandemi Lari Pagi Atau Sore, Mana Yang Lebih Baik?

Terlepas dari kapan waktu yang tepat untuk melakukannya, olahraga lari akan tetap memberikan manfaat untuk kesehatan

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JABARNEWS | BANDUNG - Beberapa orang memilih olahraga lari di luar di masa pandemi corona atau Covid-19 ini. Meskipun disarankan untuk berdiam di rumah pilihan untuk berlari di luar, kebebasan yang banyak diandalkan untuk kesehatan dan kesejahteraan mental selama masa pandemi ini.

Lari merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup mudah dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Namun, banyak orang yang sulit membuat olahraga ini menjadi rutinitas. Tidak perlu khawatir, ada beberapa tips yang dapat dicoba agar Anda rutin olahraga lari.

Baca Juga:

Peneliti ITB: Kasus Covid-19 Berakhir pada Pertengahan April

Ikut Atasi Wabah Covid-19, Bank bjb Salurkan CSR Rp 2 Miliar Melalui Jabar Quick Response



Ada yang lebih senang berlari pada pagi hari, ada juga yang memilih untuk berlari pada sore hari. Namun, sebenarnya kapan waktu terbaik untuk melakukan olahraga lari?

Ternyata, olahraga lari paling baik dilakukan pada waktu sore hari atau menjelang malam. Waktu ini dirasa ideal karena suhu inti tubuh sedang mencapai puncaknya saat sore hari. Pada kebanyakan orang, puncak suhu inti terjadi dalam rentang waktu pukul 4 sampai 5 sore.

Fakta ini didapatkan dari penelitian tentang ritme sirkadian yang juga menyatakan, olahraga di sore hari akan memberikan hasil yang lebih efektif. Ketika kenaikan suhu inti terjadi pada waktu tersebut, tubuh ikut meningkatkan metabolisme energi dan kapasitas otot untuk beradaptasi selama melakukan olahraga lari. Metabolisme yang berfungsi penuh akan membantu tubuh untuk membakar kalori sepanjang malam.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Olahraga di Masa Pandemi lari Pagi Lari Sore Pandemi Corona Covid-19 Info Kesehatan Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi