Ingin Pelihara Kucing? Ketahui Cara Yang Benar Ini

JABARNEWS | PURWAKARTA – Tingkah lucu dan menggemaskan kucing menjadi alasan sebagian besar orang untuk memeliharanya. Bagi pencinta kucing, memelihara kucing adalah salah satu hal yang sangat diinginkan.

Untuk memelihara kucing tentunya tidak boleh asal-asalan. Kita harus benar-benar menyayangi kucing peliharaan.

Namun bagi orang yang baru pertama kali memiliki kucing, akan bingung bagaimana cara merawat binatang peliharaan tersebut. Untuk itu Brother Pathouse memberikan sejumlah tips merawat kucing terutama untuk pemula.

Menurut, pemilik Brother Pathouse, Muhammad Edwin Sudrto, Kandang menjadi aspek pertama yang harus diperhatikan oleh para pemilik kucing. Saat ini banyak aneka bentuk dan jenis kandang. Pemilik kucing tinggal memilih kandang yang disesuaikan dengan ukuran kucing.

Baca Juga:  Ngeri!!! Jumlah Korban Laka Lantas Lebih Tinggi Dibandingkan Perang

“Yang penting kandang harus membuat kucing terasa aman, nyaman dan bersih,” jelas Edwin sapaan akrabnya. Pada Minggu (14/6/2020).

Selain itu, tamabah dia makan juga menjadi sangat penting dalam memelihara kucing. Untuk Kitten atau anak kucing memang membutuhkan nutrisi lebih banyak.

“Jenis makanan sendiri kini dapat dengan mudah dijumpai di toko kebutuhan hewan. Makanan dari yang paling murah hingga premium kini tersedia di sana. Pemilik kucing disarankan untuk tidak memberikan makanan mentah, sebab makanan mentah rentan dengan kuman atau bakteri yang dapat membuat kucing sakit,” jelasnya.

Untuk makanan, sambung dia, dapat diberikan 2 sampai 3 kali sehari. Namun, prinsipnya setelah makanan habis, pemilik harus segera mengisinya kembali. Layaknya manusia, kucing juga tidak boleh telat makan.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Terima 2 Juta Masker Satgas Penanganan Covid-19

“Tak hanya itu kebersihan kucing menjadi aspek penting yang harus selalu dijaga. Pemilik kucing dapat memandikannya secara teratur. Tak perlu sering, yang penting kebersihan kucing selalu terjaga,” paparnya.

Pemilik kucing, Edwin melanjutkan, juga harus rajin membersihkan bagian tubuh kucing yang rentan dengan kuman seperti kuku dan bagian lainnya.

“Pemilik kucing juga harus menyediakan toilet khusus kucing,” ujarnya.

Nah, lanjut Edwin, untuk menghindari penyakit, vaksinasi menjadi salah satu hal yang harus dilakukan oleh pemilik kucing.

“Pemilik kucing dapat mendatangi dokter hewan untuk melakukan vaksin kucing milik mereka. Jangan sampai menunggu kucing sakit baru dibawa ke dokter hewan,” jelasnya.

Baca Juga:  IGD RSUD Majalaya Tutup Sementara, Belum Tahu Sampai Kapan

Edwin menyarankan, untuk pemula, jangan memelihara kucing terlalu banyak karena bisa kerepotan. Ini yang selalu ditekankan kepada para pemilik kucing pemula.

“Untuk permulaan cukup satu kucing dulu. Jika sudah merasa mampu untuk merawat, baru bisa menambah jumlah kucing,” jelas Edwin.

Jika membutuhkan informasi yang lengkap, tamabah dia, tinggal datang saja ke Brother Pathouse yang beralamat di Perum Panorama, blok K2, nomor 14, Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta.

“Bagi yang ingin Sharing tentang perawatan kucing dan lainnya datang aja ke Brother Pethose gratis. Selain itu kami juga menyediakan lepas adoppsi kucing berbagi jenis, Grooming antar jemput khusus kota Purwakarta, penitipan kucing dan jasa pacak kucing,” paparnya. (Gin)