Kabar Baik! Satu Lagi Vaksin Corona Siap Diproduksi Massal

JABARNEWS | BANDUNG – Dunia kini tengah berjuang melawan pandemi Corona. Para ilmuwan dan peneliti mencoba cara terbaik untuk mengembangkan vaksin yang efektif dengan beberapa tahap uji coba.

Uji klinis fase 3 dari kandidat vaksin Corona yang dikembangkan oleh Perusahaan bioteknologi Moderna tengah berlangsung dan diperkirakan akan melibatkan setidaknya lebih dari 30 ribu sukarelawan dan akan dimulai pada Juli mendatang.

Uji klinis ini akan menguji satu dosis vaksin atau sekitar 100 mikrogram yang diberikan dalam dua suntikan. Pada fase 1 yang melibatkan 45 orang sehat, mereka memberikan dosis yang lebih rendah tetapi hasil mengungkapkan 100 mikrogram memberikan kekebalan yang diinginkan dengan aman.

Baca Juga:  ASN Wajib Kantongi Sertifikat PBJ, Apa Sih Gunanya?

Dikutip dari Time, saat ini perusahaan tersebut tengah memproses hasil dari fase 2 dengan 600 peserta. Tahap ini akan terus melihat keamanan vaksin serta mengumpulkan data yang lebih banyak mengenai efektivitasnya.

Baca Juga:  Hari Pertama PSBM di Cimahi, Pemerintah Gelar Operasi Yustisi

Moderna disebut memiliki kemampuan untuk memproduksi 500 juta hingga 1 miliar dosis vaksin COVID-19 per tahun. Vaksin akan diproduksi di AS bekerjasama dengan perusahaan Swiss, Lonza.

Perusahaan ini juga salah satu dari lima pengembangan vaksin yang dipilih menjadi bagian dari ‘Operasi Warp Speed’ atau program percepatan penanganan COVID-19 oleh Presiden Trump. Moderna menerima dana dari pemerintah untuk mengembangkan vaksin, melakukan tes dan meningkatkan produksi dengan tujuan memvaksinasi 300 juta orang di awal tahun depan.

Baca Juga:  Warga Desa Lango Antusias Sambut Pelaksanaan Pra TMMD Ke-108

Mengutip Medical Daily, saat ini 159 kandidat vaksin Corona tengah melakukan uji coba. Tren menunjukkan vaksin dilihat sebagai salah satu cara terbaik untuk mengatasi virus Corona. Tentu saja, vaksinasi adalah cara yang hemat biaya untuk mencegah penyakit menular. (Red)