Wow! Ada Ribuan Paket Jajanan untuk Warga di Hari Jadi Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Perayaan Hari Jadi Ciamis yang ke 378 di tahun 2020, digelar secara sederhana. Hari Jadi Ciamis di tahun ini hanya diisi dengan rangkaian kegiatan yang dilakukan secara terbatas dan virtual.

Hal itu dikarenakan saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. Sehingga kegiatan semarak yang biasanya dilakukan dalam menyambut Hari Jadi Ciamis, tidak diperbolehkan.

Namun, acara jajanan gratis selalu ditunggu masyarakat pada hari jadi Kabupaten Ciamis. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dipusatkan pada satu tempat, jajanan gratis kali ini dibagikan langsung ke warga di jalanan. Mengingat saat kondisi pandemi Corona ini tak boleh ada kerumunan.

Baca Juga:  Nahas, Mahasiswa Bogor Yang Hilang di Pantai Sawarna Ditemukan Tewas

Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis menyediakan sebanyak 1.134 paket jajanan gratis. Pihaknya bersama Tim Penggerak PKK Ciamis menyusuri jalan. Paket jajanan yang berisi lima aneka makanan dibagikan kepada tukang becak, ojek, petugas kebersihan, yayasan yatim piatu dan warga lainnya, Senin (15/6/2020).

Kepala Dinas KUKMP Ciamis David Firdha mengatakan jajanan tersebut dibeli dari 142 pedagang kaki lima (PKL) yang tersebar 12 titik perkotaan Ciamis. Acara jajanan gratis ini digelar di halaman Pendopo atau DPRD. Sajian jajanan tersebut antara lain bakso, mi, ragam kue dan aneka minuman.

“Karena pandemi COVID-19 jadi didistribusikan langsung bersama TP PKK Ciamis ke warga. Kita tetap ingin memberdayakan PKL saat hari jadi. Kegiatan ini tetap dilaksanakan dengan teknik pendistribusian berbeda,” ujar David.

Baca Juga:  Ingin Jadi Anggota PTPS di Cianjur? Simak Info Ini

Menurut David, kegiatan ini sesuai dengan slogan hari jadi ke-378 Ciamis yakni Ciamis Peduli.

“Pandemi ini berpengaruh terhadap omzet PKL. Melalui kegiatan ini sedikitnya bisa membantu dan memberi semangat untuk PKL supaya tetap berikhtiar,” kata David.

Dalam kesempatan itu, Dinas KUKMP Ciamis mengingatkan kepada PKL dan pelaku usaha untuk mematuhi protokol kesehatan dengan cara menggunakan masker dan menerapkan physical distancing. Mengingat Ciamis saat ini tengah tahap persiapan menuju Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal.

Baca Juga:  Diduga Depresi, Seorang Pria Nekat Gantung Diri

“Dalam proses jual beli terapkan protokol kesehatan. Berkaitan dengan teknis selebihnya akan dibahas terlebih dahulu dengan Gugus Tugas,” tutur David.

Ketua TP PKK Ciamis Kania Ernawati Herdiat mengatakan kegiatan jajanan gratis ini merupakan rutinitas yang menjadi tradisi bertepatan hari jadi Ciamis. Sehingga dalam kondisi apa pun tetap dilaksanakan dan menyesuaikan situasi.

“Mudah-mudahan dengan pembagian jajanan gratis dapat meringankan beban dan sebagai penyemangat bagi warga masyarakat Ciamis,” kata Kania.

Paket jajanan gratis tersebut disalurkan di beberapa titik. Pangkalan ojek, petugas kebersihan, yayasan yatim piatu, warga jompo, dan masyarakat tak mampu jadi sasaran pendistribusian paket jajanan tersebut. (Red)