aqua

Jangan Keliru Ya Bunda, Saat Anak Demam Sebaiknya Gunakan Air Ini

Pada bayi dan anak-anak, demam muncul saat suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat Celsius.

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JABARNEWS | BANDUNG - Demam pada dasarnya bukanlah suatu penyakit. Demam tepatnya hanya reaksi yang menggambarkan adanya suatu proses dalam tubuh. Saat suhu naik, tubuh dapat jadi sedang memerangi infeksi sehinga terjadi demam atau menunjukkan adanya proses inflamasi atau peradangan yang menimbulkan demam.

Orangtua kerap kali merasa cemas dan bingung ketika mendapati anak demam. Padahal sebenarnya, demam adalah mekanisme pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit akibat infeksi bakteri atau virus. Pada awal serangan penyakit, tubuh secara alami akan mempertahankan diri dan melawan penyakit.



Para ahli meyakini tubuh dapat lebih efektif melawan infeksi apabila suhunya naik atau dengan kata lain, pada tahap tertentu demam bisa menguntungkan anak karena dapat meningkatkan respons imun (fagositas) dan menurunkan daya hidup kuman (viabilitas).

Pada bayi dan anak-anak, demam muncul saat suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat Celsius. Selain suhu tubuh meningkat, anak-anak yang mengalami demam biasanya akan terlihat berkeringat, lemas, dan mengeluh sakit kepala.

Saat anak demam, para orang tua kerap kali mengompres dahi anak dengan air dingin karena beranggapan air dingin bisa melawan atau menurunkan panas tubuh sang buah hati. Beberapa orangtua bahkan mungkin masih mengompres anak dengan memanfaatkan alkohol. Padahal, dua cara tersebut dinilai kurang tepat.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Kompres Demam Anak Demam Tips Atasi Demam Gejala Demam Info Kesehatan Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi