Jangan Lewatkan KB Gratis untuk Warga Purwakarta, Ini Tanggal dan Lokasinya

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta akan menggelar bakti sosial pelayanan KB gratis bagi masyarakat Purwakarta.

Kepala DPPKB Kabupaten Purwakarta, Nurhidayat mengatakan, pada 29 juni 2020 mendatang pihaknya bakal menggelar pelayanan KB gratis dalam program pelayanan kontrasepsi 1 Juta aseptor yang secara serentak di seluruh Kabupaten Purwakarta

Kegiatan pelayanan KB gratis tersebut diikuti para peserta dengan berbagai jenis pelayanan KB. Antara lain metode kontrasepsi jangka panjang seperti IUD, implant dan vasektomi. Selain itu pihaknya juga memberikan pelayanan metode kontrasepsi jangka pendek seperti pil, suntik KB dan kondom.

Baca Juga:  Gegara Asmara, 8 Pemuda Keroyok Pemuda Asal Tanggerang

“Kita melakukan pelayanan gratis ini guna meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat Purwakarta dan juga memperingati Harganas ke-27,” ujar Nurhidayat, saat ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (16/6/2020).

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan akses pelayanan KB metode kontrasepsi jangka panjang di wilayah dan sasaran khusus terutama di Kabupaten Purwakarta.

“Untuk program KB masih harus terus dilakukan karena masih ada masyarakat yang belum menyadari pentingnya KB. Untuk pelayanannya kita bagi 3, yakni kontrasepsi IUD dan implant tersebar di 20 Puskesmas seluruh Purwakarta, buat kontrasepsi Suntik KB masyarakat bisa mendatangi 288 bidan praktek mandiri yang terdaftar di DPPKB Kabupaten Purwakarta, sedangkan untuk pelayanan kontrasepsi pil dan kondom kami akan melibatkan kader KB seperti Pos KB Desa dan Sub Pos KB yang ada di tingkat Desa hingga RW di seluruh Purwakarta. Untuk memberikan alat kontrasepsi kepada sasaran,” ungkapnya.

Baca Juga:  Waduh, Ratusan Karyawan PT Pungkok Subang Kesurupan Massal

Dijelaskannya, perencanaan keluarga adalah poin penting yang harus dipersiapkan setelah menikah. Dengan perencanaan keluarga yang matang, pasangan bisa mengembangkan diri dan karier. Kemampuan untuk merencanakan kehamilan termasuk memilih kontrasepsi juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaan bagi perempuan.

Baca Juga:  Penahanan Wali Kota Tasikmalaya Kian Kukuhkan Jabar Sebagai Daerah Koruptor

“Di sisi lain, kasih sayang dan kebutuhan finansial untuk anak bisa dimaksimalkan, maka dari itu kami mengajak seluruh pasangan usia subur dalam rangka menjarak kehamilan dan menjaga harmonisasi rumah tangga, untuk mengikuti program pelayanan kontrasepsi 1 Juta aseptor pada 29 Juni 2020 mendatang,” ajak Nurhidayat. (Gin)