Purwakarta Dapat Bantuan Bank Sampah Induk, Ini Lokasinya

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebagai dukungan untuk program Citarum Harum, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Purwakarta menerima sejumlah bantuan dari pemerintah pusat pada 2019 hingga 2020 ini.

Bantuan berupa satu bangunan untuk Bank Sampah Induk (BSI) seluas 200 meter pada 2019 lalu. Kemudian pada 2020 berupa mesin pencacah, pemadat dan motor sampah.

Sekretaris DLHK Purwakarta, Hariman Budi Anggoro mengatakan, bantuan-bantuan tersebut kini tersimpan di eks Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Ciwareng, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Ini Perbedaan Pinjaman Online Legal dan Ilegal

“BSI sebagai bentuk dukungan terhadap Citarum Harum pengurangan sampah-sampah domestik yang menumpuk di aliran Sungai Citarum,” kata Hariman di Purwakarta, Selasa (16/6/2020).

Selain itu, sambung Hariman, ke depan pihak DLHK mempersiapkan adanya mesin pemilah agar dapat memilah sampah limbah, organik dan plastik.

Baca Juga:  Truck Alami Laka Lantas di Cirebon, 1 Meninggal 1 Lurat

“Kami memang ada alat untuk kompos di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikolotok namun rusak. Dan semestinya memang adanya bank sampah ini dibarengi dengan pengolahannya atau daur ulang. Dan akan ada bantuan bertahap terkait mesin pengolahannya,” jelasnya.

Di samping itu, lanjut Hariman, DLHK Purwakarta juga berencana menerapkan bank sampah induk dan kelembagaan di setiap kecamatan, yang tujuannya, ketika ada sampah di kecamatan tersebut sudah terpilah sebelum sampai ke TPA.

Baca Juga:  Tak Mau Kalah Dengan China, Jamu Indonesia Untuk Corona Siap Diuji Klinis

“Misalnya volume sampah di Plered besar. Jadi, kalau ada BSI bisa dipilah untuk kompos, sampah plastik, dan lainnya. Sehingga sampah ke Cikolotoknya sedikit dan bisa memperpanjang pula usia TPA,” ucap Hariman. (Gin)