Hebat, Kelurahan di Kota Bandung Ini Jadi Kampung Tangguh Nusantara

JABARNEWS | BANDUNG – Kelurahan Kebon Kangkung Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung kini menjadi Kampung Tangguh Nusantara, Selasa (16/6/2020). Pembentukan Kampung Tangguh merupakan hasil kolaborasi Polrestabes Bandung, TNI, dengan Pemkot Bandung.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya memaparkan, Kelurahan Kebon Kangkung Kecamatan Kiaracondong terpilih menjadi Kampung Tangguh Nusantara karena memiliki sarana dan prasarana yang cukup baik dan siap.

“Pertama kita melihat dari status Covid di kecamatan ini. Kedua kesiapan wilayah di kecamatan Kiaracondong saya kira sudah siap. Mudah mudahan diawali di Kecamatan Kiaracondong bisa menjadi spirit sekaligus menjadi contoh wilayah lainnya,” kata Ulung di Kelurahan Kebon Kangkung, Jalan mandala no. 54 Kota Bandung, Selasa (16/6/2020).

Baca Juga:  Cara Satpol PP Kota Depok Ingatkan Warga Pakai Masker

Dia menambahkan, Kecamatan Kiaracondong merupakan wilayah kedua tertinggi kasus Covid-19 di Kota Bandung. Sehingga adanya dorongan masyarakat untuk memerangi Covid 19 di kewilayahan.

“Teknisnya kita hanya mengedukasi kepada masyarakat. Setidaknya kita bisa menekan penyebaran Covid ini,” jelasnya.

Program Kampung tangguh Nusantara kelurahan Kebon Kangkung memiliki fasilitas penunjang kesiapsiagaan Covid-19 di antaranya, lumbung pangan hade, posko kesehatan, posko keamanan, ruangan isolasi mandiri, dan Pusat Informasi.

Baca Juga:  Pemerintah Tak Segan Tindak Orang Asing yang Coba Ganggu KTT G20 di Bali

Pada Kampung Tangguh Nusantara memberdayakan RT dan RW untuk terlibat secara aktif mendeteksi dini sekaligus mengedukasi warga menghadapi bencana termasuk Covid-19. Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengapresiasi pembentukan kampung tangguh.

“Saya sangat apresiasi Kampung Tangguh Nusantara di Kelurahan Kebon Kangkung. Ini menjadi torehan sejarah, dan saya mengucapkan terima kasih kepada Polri dan TNI. Forkopimda semakin ini solid dan harmonis membangun Kota Bandung, khususnya menghadapi Covid-19,” ucap Oded.

Baca Juga:  Ratu Narkoba Perbaungan Sergai Ditangkap Polisi

Oded menyebut, adanya bantuan dari berbagai pihak ini, membuatnya semakin yakin Kota Bandung menjadi lebih baik.

“Saya yakin Kota Bandung menjadi semakin kuat,” singkatnya.

Sedangkan Lurah Kebon Kangkung, Rakhmat Taufik mengatakan, Kampung Tangguh Nusantara terbentuk berkat kolaborasi Koramil dan Polsekta Kiaracondong.

“Berkat bantuan dari Koramil Kiaracondong , Polsek Kiaracondong, Forkopimcam dan diinisiaasi oleh Gugus Tugas Percepatan Covid 19 Kecamatan Kiaracondong ini dapat direalisasikan. Kampung tangguh juga dapat menginisiasi warga dengan tangguh bencana termasuk non alam termasuk Covid-19,” tutupnya. (RNU)