Semudah Chat, Kini WhatsApp Bisa Kirim Uang dan Bayar Tagihan Lho

JABARNEWS | BANDUNG – Aplikasi perpesanan WhatsApp telah meningkatkan performanya dengan menyediakan fitur pembayaran digital. Kini memungkinkan pengguna membayar tagihan, mengirim uang, atau bertransaksi langsung dari aplikasi perpesanan terpopuler di dunia itu.

“Kami senang mengumumkan bahwa mulai hari ini kami membawa pembayaran digital kepada pengguna WhatsApp di Brasil,” kata WhatsApp di blog resminya, dikutip Selasa (17/6/2020).

Facebook mulai mengintegrasikan fitur pembayaran di WhatsApp, yang mungkin tidak lama lagi tersedia untuk semua orang karena baru-baru ini WhatsApp telah menghadirkannya bagi pengguna di Brazil.

Dengan fitur tersebut orang akan dapat mengirim uang dengan aman atau melakukan pembelian dari bisnis lokal tanpa meninggalkan obrolan mereka. Inovasi baru ini sangat membantu usaha kecil dan mikro di Brazil yang jumlahnya sekitar 10 juta. Selain melihat katalog, mereka sekarang bisa membayar produk dari WhatsApp.

Baca Juga:  Anggaran Rp50 Juta dan 350 Sembako dihabiskan PMI Sukabumi, Untuk Ini

Menyederhanakan pembayaran dapat membantu membawa lebih banyak bisnis ke dalam ekonomi digital, membuka peluang baru untuk pertumbuhan.

“Selain itu, kami membuat pengiriman uang kepada orang yang dicintai semudah mengirim pesan, yang tidak bisa lebih penting karena orang secara fisik jauh satu sama lain,” jelas WhatsApp.

Karena pembayaran di WhatsApp diaktifkan oleh Facebook Pay, di masa depan WhatsApp ingin memungkinkan orang dan bisnis untuk menggunakan informasi kartu yang sama di seluruh keluarga aplikasi Facebook. Untuk keamanan, Facebook menyertakan jaminan keamanan dan PIN atau sidik jari dengan kata sandi enam digit guna mencegah transaksi tidak sah.

Baca Juga:  Jika Pilpres 2024 Dua Putaran, KPU Pastikan Logistik Aman

Mengirim uang atau melakukan pembelian di WhatsApp gratis untuk orang-orang. Bisnis akan membayar biaya pemrosesan untuk menerima pembayaran pelanggan, mirip dengan apa yang mungkin telah mereka bayarkan ketika menerima transaksi kartu kredit.

“Pembayaran di WhatsApp mulai diluncurkan kepada orang-orang di seluruh Brasil mulai hari ini dan kami berharap dapat membawanya ke semua orang saat kami melangkah maju,” tambah WhatsApp.

Di Brazil, WhatsApp mendukung kartu debit atau kredit dari Banco do Brasil, Nubank, dan Sicredi di jaringan Visa dan Mastercard dan bekerja sama dengan Cielo, pemroses pembayaran terkemuka di negara itu.

Baca Juga:  Kalah 2 - 0 Dari Vietnam, Catatan Buruk Timnas Indonesia Berlanjut

“Kami telah membangun model terbuka untuk menyambut lebih banyak mitra di masa depan,” kata WhatsApp tentang ekspansinya mendatang.

Untuk mengirim uang, pengguna cukup menekan ikon attachment. Ikon ini juga diklik ketika pengguna hendak mengirim kontak, media, lokasi, dan lain-lain. Setelah diklik, akan muncul opsi payments. Langkah selanjutnya adalah pengguna bisa memilih kontak yang hendak dikirimi uang, memilih akun bank pengguna dan penerima, memasukkan nominal uang, dan memasukkan pin UPI. Setelah itu, uang akan terkirim secara virtual. (Red)