Sudah Pesan Tiket dan Kamar Hotel Namun Batal? Berikut Cara Pengembalian Dana

JABARNEWS | BANDUNG – Pandemi Covidi-19 mengakibatkan sejumlah rencana perjalanan atau liburan banyak orang yang sudah disiapkan dari jauh-jauh hari harus tertunda bahkan batal, karena masyarkat diminta lebih baik untuk tetap berada di rumah sebagai upaya menghindari penyebaran virus tersebut.

Nah, bagi kalian kalian yang ingin melakukan refund atau pengembalian dana atas pembelian berbagai keperluan perjalanan seperti tiket transportasi dan kamar hotel, simak beberapa tips berikut:

Pertama, cek situs di mana melakukan transaksi. Selalu cek dulu dengan merchant tempat Anda melakukan transaksi untuk memahami opsi-opsi yang Anda miliki.

Baca Juga:  Ini Harapan Mantan Pj. Bupati Untuk Bupati Purwakarta Terpilih

Biasanya, mereka akan memberikan solusi secara langsung, baik dalam bentuk pengembalian dana, kredit, atau voucher. Tapi sebelumnya, catat dulu semua pertanyaan Anda sebelum menghubungi mereka.

Dengan begitu banyaknya orang yang ingin mengubah rencana liburan mereka di tengah situasi saat ini, Anda mungkin akan kesulitan untuk menghubungi para merchant. Jadi, lebih baik bertanya selengkap-lengkapnya saat berbicara dengan mereka agar Anda tidak perlu menghubungi mereka lagi!.

Baca Juga:  Menanti Aksi Mario Jardel, Pelatih Persib: Dia Berkembang Positif

Ketika Anda menghubungi merchant, tanyakan juga perkiraan waktu untuk dapat melakukan proses pengembalian dana. Di tengah situasi yang tidak pasti seperti sekarang, lebih baik mulai dari jauh hari agar aman.

Kedua, lakukan pengecekan apakah anda memiliki asuransi perjalanan. Apabila merchant tidak dapat membantu atau jika mereka tidak dapat dihubungi sama sekali, maka ini saatnya untuk mencoba cara kedua, yaitu apakah Anda memiliki asuransi perjalanan? Jika Anda tidak mendapatkan solusi dari merchant, selalu cek apakah Anda memiliki opsi lainnya.

Baca Juga:  Polri Masuk Tiga Besar Lembaga Negara yang Dipercaya Publik, Ini Hasil Surveinya

Ketiga, jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil, coba hubungi bank penerbit kartu Anda. Persiapkan terlebih dahulu semua detail-detail penting yang diperlukan untuk membantu prosesnya, mulai dari jumlah transaksi hingga tanggal melakukan transaksi. Siapkan diri Anda untuk berbagi percakapan yang sudah Anda lakukan dengan merchant. (Red)