Bakal Ada Pembaruan di Bantaran Sungai Cimanuk, Mau Dibikin Apa Sih?

JABARNEWS | GARUT – Bantaran Sungai Cimanuk kawasan Garut Kota direncanakan bakal dijadikan sebagai sarana olah raga lintas joging atau jalur untuk kegiatan lari oleh Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Pemerintah Kabupaten Garut merencanakan awal pembangunan pada 2021 mulai dari Jembatan Maktal Sungai Cimanuk sampai daerah pusat perbelanjaan Ramayana.

“Ini akan dijadikan sarana olahraga di bantaran sungai,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan usai meninjau lokasi pembangunan jogging track di bantaran Sungai Cimanuk, Kecamatan Garut Kota, Garut, Rabu.

Baca Juga:  Karyawan yang Di-PHK Difasilitasi Dapat Kartu Prakerja dari Disnaker

Ia menyampaikan sarana olah raga lari itu serangkaian dengan pembangunan ruang terbuka hijau dengan kebutuhan lahan seluas 5 hektare.

“Kita akan bebaskan lima hektare lagi untuk kebutuhan itu karena ini menjadi tempat pendukung ruang terbuka hijau,” kata Rudy didampingi sejumlah pejabat dinas terkait.

Ia menyampaikan, proyek pembangunan di bantaran sungai itu akan dilakukan oleh dua dinas yakni Dinas Perumahan dan Pemukiman serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut.

Baca Juga:  Atasi Masalah Oksigen, Pemkot Bandung Gandeng Forum TJSL

Selain itu, lanjut dia, pembangunan itu kerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk yang memiliki kewenangan mengelola sepanjang bantaran maupun aliran sungai di Garut.

“Pemanfaatan lahannya ada milik BBWS, ada juga milik pemda jadi kita kerja sama,” kata Bupati.

Seorang warga Kaum Lebak, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Yuyus Sopian mendukung adanya pembangunan sarana olah raga dan taman bermain anak sebagai ruang terbuka di sekitar bantaran Sungai Cimanuk.

Baca Juga:  Kota Cirebon Masuk Zona Merah, Walikota: Yang Terpenting Antisipasi

Selama ini, lanjut dia, warga di Kelurahan Paminggir minim sarana bermain dan olahraga yang aman dan nyaman, untuk itu rencana pembangunan itu merupakan keinginan banyak warga sekitar bantaran sungai.

“Apalagi akan membangun taman bermain anak, karena selama ini anak-anak bermain di gang-gang,” katanya, (Red)