aqua

Ternyata Ini Penyebab BLT Dana Desa Belum Tersalurkan

Hingga 16 Juni 2020 mencatat ada 65.736 desa yang telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyebutkan hingga 16 Juni 2020 mencatat ada 65.736 desa yang telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa. Angka ini setara dengan 90 persen dari total desa yang telah menerima dana desa dari pemerintah pusat.

Secara umum ada dua kelompok, yakni desa yang telah mendapatkan dana desa dari pemerintah pusat tetapi belum menyalurkan BLT dan ada desa yang belum mendapatkan transfer dana desa dari pusat sehingga tidak bisa menyalurkan BLT.

Baca Juga:

Mendes: Keberhasilan DD Dapat Diukur saat Warga Desa Merasakan Manfaatnya

Mendes Sebut Pendamping Desa sebagai Pahlawan Stunting



Abdul Halim menjelaskan bahwa ada beberapa alasan beberapa desa belum menerima dana desa dari pemerintah pusat. “Yang pertama memang desa itu posting APBDes, jadi Kementerian Keuangan tidak memiliki data yang kuat untuk menyalurkan,” katanya dalam video conference dari Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (17/6/2020).

Kedua, karena kepala desa adalah pejabat sementara. Hal ini terkait dengan lambatnya penanganan pemerintah daerah. Ketiga, adanya konflik antara kepala desa dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Hal ini membuat musyawarah desa tidak bisa dilakukan sehingga tidak dapat menyusun APBDes.

Keempat, beberapa desa juga masih belum melengkapi laporan pertanggungjawaban tahun 2019, sehingga transfer dana desa terhambat. Kelima, adanya perangkat desa yang diberhentikan oleh kepala desa yang baru.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : BLT Dana Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar Bantuan Covid-19 Pandemi Covid-19 Penyaluran BLT Penerima BLT Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Mendes PDTT Ajak Pendamping Desa Peduli Bencana

Dana Desa untuk Padat Karya, Tidak Boleh Dipihak Ketigakan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi