Berikut Ini Tips Mengatur Keuangan Untuk Pekerja Lepas, Simak

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi pekerja lepas yang penghasilannya tak tentu besarannya setiap bulan diperlukan untuk mengatur dana pensiun, agar pada saat mengahadapi hari tua bisa menikmati hidup tanpa ada tekanan ekonomi.

Perencana keuangan Aliyah Natasha memberikan kiat-kiat untuk pekerja lepas bagaimana cara memilih perusahaan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang tepat untuk mereka.

Baca Juga:  Pengemudi Ojol Di Kabupaten Bekasi Wajib Baca Ini

Pertama, cari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai DPLK yang ada. Setelah mengincar DPLK yang diinginkan, periksa reputasinya untuk memastikan itu adalah yang tepat buat Anda.

“Kalau sudah dapat brand yang dimaui, cara bagaimana klaimnya, ada isu atau baik-baik saja,” kata Aliyah dalam konferensi pers daring, Selasa (16/6/2020).

Kemudian, cek fleksibilitas dalam menentukan jumlah investasi untuk DPLK. Menurut Aliyah, pekerja lepas disarankan memeriksa kemampuan keuangan sehingga dapat mengukur berapa besaran yang mampu disisihkan dari penghasilan untuk dialihkan ke dana pensiun. Punya tujuan besar tak apa, asal sanggup dalam menjalankannya.

Baca Juga:  Secara Aklamasi, Edwan Hadnansyah Kembali Jabat Ketua IJTI Cimahi dan Bandung Barat

“Jangan sampai ‘ngos-ngosan’,” kata dia.

Caranya, hitunglah rata-rata penghasilan dalam setahun terakhir, berapa besaran yang didapat tiap bulan, lalu pertimbangkan berapa yang disanggupi untuk disisihkan.

Baca Juga:  Ini Makanan Yang Baik Dikonsumsi untuk Usia 50 Tahun ke Atas

Terakhir, cari tahu tentang kepastian cara menarik dan mencairkan dana. Carilah yang mudah dengan layanan konsumen yang membantu.

“Jangan pernah kehilangan kartu dan email DPLK karena ini data krusial untuk mencairkan DPLK itu nanti,” imbuh dia. (Red)