aqua

Pertamina Berencana Hapus Premium dan Pertalite, Ini Sebabnya

BBM yang boleh digunakan pada kendaraan minimal harus mencapai RON 91 dengan kandungan sulfur maksimal 50 ppm serta ambang batas cetane number minimal 51.

Ilustrasi- Penyaluran Premium dan Pertalite akan dihapus oleh Pertamina. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - PT Pertamina dalam waktu dekat berencana menghapus bahan bakar minyak atau BBM yang dinilai tidak ramah lingkungan. Beberapa nama yang kemungkinan bakal dihentikan distribusinya yakni Premium, Pertalite, dan juga Solar.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, keputusan tersebut mengacu pada aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK Nomor 20 tahun 2017 mengenai pembatasan Research Octane Number (RON), yaitu batas oktan yang aman dipakai kendaraan.

Baca Juga:

Bupati Purwakarta Larang ASN Gunakan Gas LPG Bersubsidi

Warga Majalengka Sulit Dapatkan Gas Melon



"Jadi ada regulasi KLHK yang menetapkan bahwa untuk menjaga polusi udara ada batasan di RON berapa, di kadar emisi berapa. Jadi nanti yang kita prioritaskan produk yang ramah lingkungan," ujarnya melalui diskusi virtual bertajuk ‘Memacu Kerja Pertamina’, dikutip Rabu (17/6/2020).

Diketahui, pada aturan tersebut dijelaskan, BBM yang boleh digunakan pada kendaraan minimal harus mencapai RON 91 dengan kandungan sulfur maksimal 50 ppm serta ambang batas cetane number minimal 51. Regulasi ini berkenaan dengan aturan standar Euro IV yang berlaku juga di banyak negara lain.

Dalam produk Pertamina, BBM yang berada di bawah RON 91 ada Pertalite dengan RON 90, Premium RON 88, dan Solar yang memiliki Cetane Number (CN) 48. Jika berpatokan pada aturan tersebut, maka ketiganya bakal dihapus karena tak sesuai standar Euro IV.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Pertamina Premium Pertalite Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati BBM Dihapus Jabarnews Berita Jawa Barat BBM Ramah Lingkungan

berita terkait

Terbukti Melakukan Kecurangan , Dua SPBU di Subang Disegel

Mudik Lebaran 2019, Pertamina Salurkan 652 Ribu Liter BBM

Vonis Buat Eks Dirut Pertamina

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi