Menteri KP Lirik Hal Ini saat Berkunjung ke Sukabumi

JABARNEWS | SUKABUMI – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo siap mengembangkan potensi perikanan di Sukabumi, Jawa Barat karena daerah ini mempunyai sumber daya air deras yang bisa mendongkrak usaha perikanan Indonesia.

“Seperti diketahui potensi perikanan air deras di Sukabumi ini sangat besar, bahkan daerah lain seperti DKI Jakarta mayoritas produk perikanan air tawarnya dipasok dari Sukabumi,” katanya di sela bertemu dengan Kader Partai Gerindra di Rumah Aspirasi dan Inspirasi Heri Gunawan di Sukabumi pada Rabu malam (17/6/2020).

Baca Juga:  Perayaan HUT RI, Taman Asia Afrika Mulai Dibuka Untuk Umum

Menurut dia, sebenarnya sudah melirik potensi perikanan di Sukabumi sejak menjadi Ketua Komisi IV DPR RI, namun baru kesampaian setelah menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, sehingga politisi Partai Gerindra ini memprioritaskan kunjungan kerjanya ke Sukabumi untuk meninjau lokasi-lokasi yang mempunyai potensi perikanan tersebut.

Kota dan Kabupaten Sukabumi mempunyai potensi perikanan darat (air tawar) yang besar, tidak hanya untuk konsumsi di Jakarta banyak pemacingan yang ikannya dipasok dari Sukabumi, Ini membuktikan bahwa potensi tersebut memang sudah ada sejak lama, tapi pihaknya menginginkan produktivitasnya terus meningkat.

Baca Juga:  Ini Istilah Gaul Kid Zaman Now, Baca Ya Biar Tahu

Apalagi, perikanan merupakan salah satu sektor ekonomi andalan untuk meningkatkan pendapatan negara dan masyarakat, apalagi Indonesia banyak mempunyai sungai khususnya Sukabumi yang kualitasnya air sangat cocok untuk pengembangan usaha perikanan tersebut.

“Kami juga akan menyerap aspirasi dari para pembudidaya ikan air tawar agar bisa mengetahui apa saja yang diperlukan untuk mendongkrak kuantitas dan kualitas produk perikanannya agar pangsa pasarnya tidak hanya dalam negeri tetapi bisa hingga ekspor,” tambahnya.

Baca Juga:  Puluhan Pegawai Puskesmas di Kota Bogor Terkonfirmasi Positif Covid-19

Adapun agenda kerja orang nomor satu di Kementerian dan Perikanan RI ini pada Kamis, (18/6) akan melaksanakan olah raga bersama masyarakat kemudian mengungjungi Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, dilanjutkan ke Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu dan ke tambah udang di Ujung Genteng, Kabupatgen Sukabumi. Terakhir akan menyusuri potensi perikanan laut di Cidaun, Cianjur dan panen udang di Garut Selatan, Jabar. (Ara)