Selama Pandemi, Ini Olahraga yang Disarankan Gugus Tugas

JABARNEWS | JAKARTA – Selama pandemi Covid-19, masyarakat tidak disarankan untuk melakukan jenis olahraga dengan intensitas berat.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan, di masa pandemi Covid-19 jenis olahraga yang disarankan WHO adalah yang ringan hingga sedang.

“Olahraga berat tidak disaranakan karena pasca-berolahraga tubuh kita butuh waktu untuk bisa kembali normal. Prosesnya butuh waktu lebih lama dibandingkan kalau kita olahraga ringan dan hal ini membuat kita berisiko terinfeksi (Covid-19),” ujar Reisa dalam konferensi pers di BNPB, Rabu (17/6/2020).

Baca Juga:  Virzha Rilis Single Terbaru

Reisa mengatakan, meskipun olahraga bertujuan untuk menyehatkan tubuh, namun di masa pandemi harus diperhatikan tingkat kebugaran dan risikonya. Dia mengatakan, saat seseorang sudah memutuskan akan melakukan olahraga, harus dipastikan aman dari Covid-19. Termasuk memilih jenis olahraga.

Olahraga ringan yang bisa dinilai aman dan memiliki risiko rendah, misalnya gerakan-gerakan tanpa alat, senam kesegaran jasmani, zumba, yoga, dan lain-lain. Bisa juga memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah seperti kursi, tangga, dan lainnya. Olahraga, kata Reisa, juga sebaiknya dilakukan di dalam rumah jika di luar dirasa tak aman.

Baca Juga:  Pentepan Presiden Terpilih dan Kehadiran Prabowo-Sandi

“Kalau ingin olahraga di luar, harus diingat kembali unsur keamanan berkaitan dengan penularan Covid-19,” kata Reisa.

Dia juga berpesan, masyarakat harus menjaga jarak aman jika berolahraga di luar rumah, terutama apabila tidak bisa menggunakan masker.

Baca Juga:  Waduh, Seribuan Nakes dan Non Nakes Geruduk Gedung DPR RI, Ada Apa?

“Kita bisa mengenali risiko diri sendiri dan lingkungan sekitar, baru kita bisa memutuskan berolahraga menggunakan masker atau tidak ketika berada di luar rumah,” kata dia.

Apalagi, kata dia, berolahraga bertujuan untuk menyehatkan badan sehingga jangan sampai ketika keluar untuk berolahraga berujung tertular penyakit Covid-19. Agar hal tersebut tak terjadi, masyarakat wajib untuk memperhatikan protokol kesehatan berupa jaga jarak, tidak berkerumun, menggunakan masker, dan mencuci tangan dengan sabun. (Red)