Ini Pesan Wishnutama ke Warga Di Bali

JABARNEWS | BALI – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyampaikan, bahwa dibukanya sebagian sektor di Pulau Bali, pada tanggal 9 Juli 2020 mendatang, diharapkan berjalan dengan baik.

“Dan yang terpenting adalah pada tanggal 9 Juli dibuka untuk sebagian sektor untuk lokal Bali ini diharapkan baik dan disiplin,” kata Wishnutama usai menggelar Rapat Koordinasi Kesiapan New Normal, di Gianyar, Bali, Rabu (17/6/2020).

Sehingga ketika masuk ke tahap satu itu. Semua pihak bisa mereview apakah semua akan dapat dijalankan dengan baik, disiplin dan sebagainya. Termasuk tingkat penyebaran Covid-19 itu.

Ia juga menerangkan, walaupun secara keseluruhan peningkatan Covid-19 di Bali relatif jauh lebih rendah dari daerah lain-lainnya. Namun, Wishnutama meminta untuk membangun kepercayaan publik khususnya para wisatawan.

Baca Juga:  Wisata Kawah Kamojang Garut, Cocok Untuk Tempat Liburan

“Tetapi sekali lagi, yang perlu kita bangun di Bali ini adalah kepercayaan terhadap publik. Kepercayaan, terhadap wisatawan atau calon wisatawan nasional maupun internasional itu yang perlu kita bangun,” ujarnya.

“Karena bisnis pariwisata, saya sampaikan juga kepada Bapak Gubernur adalah bisnis kepercayaan. Harus diciptakan rasa aman dan nyaman pada saat wisatawan menuju kemari,” jelasnya.

Kemudian, bila kepercayaan itu telah dibangun. Maka selanjutnya akan menuju tahap kedua untuk pembukaan wisata domestik maupun nusantara. Sehingga, jika itu berhasil maka akan dilakukan tahap ketiga untuk membuka pariwisata mancanegara dan pariwisata di Bali bisa bangkit kembali.

Baca Juga:  Beberapa Wilayah Indonesia Potensi Hujan dan Angin Kencang, Ini Kata BMKG

“Tahap kedua itu, ditentukan pada saat tahap satu bisa dilaksanakan dengan baik dan berhasil. Oleh karena itu, saya memohon juga pada pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada saat tahap satu dilakukan sebaik mungkin (bagi para) pelaku pariwisata maupun masyarakatnya sehingga pelaksanaan itu bisa lancar,” ujarnya.

“Dan akhirnya, kita bisa melaksanakan tahap kedua dengan lebih cepat lagi dan kita berharap. Tetapi syarat itu, tadi dengan bantuan dan dukungan pemerintah daerah dan jajarannya lainnya. Dan kita berharap memasuki tahap kedua kepariwisataan bisa bangkit kembali dan akhirnya memasuki tahap ketiga dimana wisatawan mancanegara bisa welcome lagi ke Bali,” ujar Wishnutama.

Baca Juga:  OTT KPK Amankan Hakim Agung, Diduga Ada Suap Pengurusan Perkara di MA

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi Bali dengan kesiapan protokol kesehatan Covid-19 dalam new era.

“Pertama saya ingin apresiasi apa yang saya lihat. Kemarin di airport, hotel dan tempat-tempat lain sudah disiapkan protokolnya. Nanti pada saat dibuka. Nanti, tetapi yang penting persiapan harus disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Saya sangat mengapresiasi Pemerintah Daerah Bali dalam menyiapkan segala sesuatunya,” ujar Wishnutama. (Red)