Bikers Wajib Tahu Nih Berkendara Aman Saat New Normal

JABARNEWS | BANDUNG – Tak ada yang tahu sampai kapan pandemi Covid-19 atau virus corona berlangsung di Indonesia. Untuk itu, masyarakat perlu meghadapi kondisi ini dalam era adaptasi kebiasaan baru alias new normal, termasuk bikers.

Sebenarnya para pengguna motor harus membiasakan diri dengan hal-hal baru yang berbeda dari kebisaan sebelumnya dalam beraktivitas sehari-hari. Beberapa hal perlu diperhatikan dan dilakukan para bikers untuk berkendara dengan cari aman di era New Normal, mulai dari sebelum berkendara, cara berkendara hingga setelah berkendara.

Manager Safety Riding AHM, Johannes Lucky menjelaskan sejumlah cara aman mengendarai motor di era new normal sebagai berikut: Sebelum berkendara, pastikan cek suhu tubuh untuk memastikan kondisi badan fit dan sehat. Jika suhu tubuh menunjukkan 37,3 derajat atau lebih, sebaiknya tidak beraktivitas di luar rumah.

Baca Juga:  Muhammadiyah Putuskan 1 Syawal 1443 Hijriah Jatuh Pada Senin 2 Mei 2022

Selain itu, cek kondisi sepeda motor terutama sepeda motor yang sudah lama tidak digunakan harus terlebih dahulu untuk di periksa. Cek kondisi secara ringan seperti kebocoran oli, perhatikan kondisi dan tekanan ban, periksa sistem pengereman dan kopling serta lampu tetap berfungsi baik.

“Selain mengecek kondisi motor, persiapkan riding gear sesuai standar berkendara seperti helm, sarung tangan dan jaket berkendara. Para bikers sebaiknya membawa masker cadangan untuk antisipasi apabila masker kotor atau basah saat berkendara, sehingga saat sampai di tujuan tetap dapat beraktivitas menggunakan masker dengan sehat dan nyaman,” kata Johannes dalam keterangan resminya, Kamis (18/6/2020).

Pada era kenormalan baru, para bikers disarankan untuk tidak menggunakan helm secara bergantian dan selalu gunakan visor saat berkendara untuk mencegah benda asing masuk serta mencegah mengusap mata saat dalam perjalanan.

Baca Juga:  Lagi! Terjadi Kekerasan Terhadap Pers

Sarung tangan yang digunakan sebaiknya yang menutupi seluruh bagian tangan (full cover). Bila hanya memiliki satu sarung tangan, selalu terapkan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan sarung tangan.

“Usahakan saat berkendara, tetap cari aman, menjaga jarak dengan pengendara lainnya, serta hanya berboncengan dengan keluarga atau kerabat yang tinggal bersama dalam satu rumah,” kata Lucky.

Utamakan Keselamatan Pada saat berkendara, selalu utamakan keselamatan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Hindari berkendara melintasi wilayah-wilayah yang merupakan pusat pandemi atau teridentifikasi sebagai zona merah, dengan mencari jalur alternatif lainnya.

Baca Juga:  Satu Keluarga Positif Covid-19, RT di Dago Bandung Ini Lockdown

Setelah sampai tujuan, bikers wajib mencuci tangan dan mencuci wajah dengan sabun setelah melepas seluruh perlengkapan berkendara. Jika telah sampai rumah, segeralah mandi sebelum bertemu keluarga. Riding gear yang telah digunakan dapat disimpan di bagasi motor atau sediakan tas tersendiri.

“Bila memungkinkan, lakukan penyemprotan desinfektan ke riding gear yang telah digunakan dan sarungkan motor dengan kain pelindung saat tidak digunakan agar tidak terpapar udara secara langsung,” lanjut Lucky.

Jaket berkendara dan sarung tangan yang telah digunakan sebaiknya langsung dicuci atau disemprot desinfektan, sehingga mengurangi potensi terpapar bakteri ataupun virus, terutama untuk keluarga di rumah.

“Keselamatan dan kesehatan bikers menjadi kunci utama untuk dapat beraktivitas dengan produktif di era New Normal ini,” tutup Lucky. (Red)