aqua

Ini Cara Aman Amati Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari cincin diprediksi akan terjadi pada Minggu 21 Juni 2020.

Ilustrasi- Melihat Gerhana Matahari Cincin (Foto: Reuters)

JABARNEWS | BANDUNG - Gerhana matahari cincin diprediksi akan terjadi pada Minggu 21 Juni 2020. Fenomena ini disebut hanya akan terjadi sekali sepanjang tahun ini dan sebagian wilayah di Indonesia akan bisa ikut menikmatinya, sekalipun hanya dalam bentuk gerhana matahari sebagian.

Peneliti di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Rhorom Priyatikanto menerangkan, gerhana matahari cincin terjadi ketika piringan Matahari tertutup piringan Bulan, dan tersisa bagian tepi di sekelilingnya yang tak tertutup.

Baca Juga:

Inilah Sejumlah Fenomena Astronomi yang akan Terjadi Bulan Juni 2020

Gelar Shalat Gerhana, Kapolres Purwakarta: Tanda Syukur dan Taat



Rhorom menuturkan itu terjadi karena posisi pengamat (di Bumi), Bulan, dan Matahari hampir segaris. Saat itu, posisi bulan berada terjauh dari Bumi sehingga tampak lebih kecil sehingga bagi pandangan pengamat, tak bisa menutupi seluruh piringan matahari.

Untuk melihat gerhana matahari, cincin maupun sebagian, Rhorom menyarankan menggunakan filter khusus yang dapat menapis 99,999 persen cahaya matahari yang membahayakan mata. Kacamata las juga dapat dipakai untuk mengamati gerhana matahari.

"Yang paling aman adalah melihatnya dari layar ponsel (handphone) atau komputer dengan cara mencari pengamat yang melakukan video streaming," katanya sambil menambahkan, "Lewat YouTube, misalnya."
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Cara Aman Gerhana Matahari Cincin Gerhana Matahari Melihat Gerhana Matahari LAPAN Peneliti LAPAN Fenomena Alam Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Bupati Sergai Pantau Fenomena Gerhana Matahari Cincin

ASN Pemkab Bekasi Gelar Shalat Gerhana Matahari

Sholat Gerhana Matahari Berjamaah di Bogor Diikuti PNS

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi