Info Penting Bagi Anda yang Sering Cuci Piring

JABARNEWS | BANDUNG – Pernahkah Anda mengalami gejala sakit diare? Jika pernah hal pertama yang kemungkinan Anda curigai adalah ‘Makanan apa yang terakhir anda makan?. Ternyata ada faktor-faktor lainnya selain makanan yang bisa menjadi penyebab utama dari penyakit diare. Salah satunya adalah benda yang ada di sekitar Anda.

Sebuah fakta mengejutkan dijelaskan oleh Departemen Kesehatan Publik Malaysia dimana ternyata kuman penyebab penyakit diare bisa berkembang di spons cuci piring yang digunakan sehari-hari.

Baca Juga:  Soal RUU TPKS, Muhammad Farhan Soroti Kedewasaan Berpolitik Masyarakat

Dikutip dari World of Buzz, karena digunakan untuk mencuci alat-alat makan sehari-hari (seperti piring, gelas, sendok, garpu, botol minuman dan hal lainnya), maka kemungkinan besar bakteri penyebab diare bisa berpindah jadi ke spons cuci piring.

Bakteri seperti acinetobacter, moraxella, chryseobacterium, dan fungi menempel di spons cuci piring yang baru saja digunakan.

Baca Juga:  Jelang Kampanye, Cak Imin Sebut Pemilu Damai Bakal Sia-sia Jika Ada yang Curang

Ini membuat spons cuci piring bisa jadi lebih kotor daripada tisu toilet yang digunakan setelah kita buang air. Hal ini diperburuk dimana sabun cuci piring bahkan tidak bisa untuk mengalahkan kuman-kuman ini.

“Kamu dan keluarga kamu ada dalam bahaya untuk tertular diare jika tidak beruntung,” tutur unggahan dari Departemen Kesehatan Umum Malaysia ini.

Lantas apa yang harus dilakukan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Unggahan Facebook ini menjelaskan ada tiga cara untuk mencegah spons cuci piring terhindar dari bakteri Diare.

Baca Juga:  Usai Larang SOTR, Kini Polisi Larang Warga Takbir Keliling Rayakan Hari Raya Idul Fitri

Cara tersebut ialah, Rebus spons selama lima menit kemudian basuh, Bisa juga dimasukan ke dalam microwave, panaskan dengan air, lalu basuh dengan pemutih. Tiga minggu sekali, beli spons cuci piring yang baru. Ganti spons jika spons sudah mengeluarkan bau. (Red)