Kementerian ESDM Keluarkan SE untuk Para Gubernur, Pengusaha Tambang Wajib Tahu

Terhitung enam bulan ke depan, pemerintah dilarang mengeluarkan izin pertambangan.

Ilustrasi- Aktivitas pertambangan. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Kementerian ESDM mengimbau kepada seluruh gubernur se-Indonesia untuk tidak menerbitkan izin pertambangan baru selama masa transisi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 atau UU Minerba terbaru. Hal tersebut tertuang dalam surat edaran bernomor 742/30.01/DJB/2020.

Berdasarkan salinan surat edaran tersebut yang dikutip dari laman tambang.co.id, disebutkan bahwa UU Minerba sebelumnya, yaitu UU Nomor 4 Tahun 2009 tetap berlaku hingga jangka waktu enam bulan mendatang, yang terhitung sejak UU Minerba terbaru diterbitkan, 10 Juni 2020.

Baca Juga:

DKUKMP Ciamis Keluarkan Surat Edaran Waspadai Oknum Petugas Regulator

Surat Edaran Jadi Tak Berlaku, Ridwan Kamil Tetapkan Kepgub UMK 2020



“Dengan berlakunya UU Nomor 3 Tahun 2020, pelaksanaan kewenangan pengelolaan pertambangan oleh Pemerintah Daerah provinsi yang telah dilaksanakan berdasarkan UU Nomor 4 Tahun 2009 tetap berlaku hingga 6 bulan,” ungkap surat yang ditandatangani Plt Dirjen Minerba, Rida Mulyana atas nama Menteri ESDM Arifin Tasrif dengan keterangan terbit Kamis (18/6/2020).

Adapun jenis izin baru yang dilarang diterbitkan meliputi Izin Usaha Pertambangan (IUP), Izin Pertambangan Rakyat (IPR), izin sementara untuk pengangkutan dan penjualan, IUP Operasi Produksi khusus untuk pengolahan dan pemurnian, IUP Operasi Produksi khusus pengangkutan dan penjualan, Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP), serta IUP Operasi Produksi untuk penjualan.

Sedangkan jenis izin dan non-izin di luar itu, masih boleh diterbitkan, yang meliputi IUP Eksplorasi menjadi IUP Operasi Produksi, perpanjangan izin yang telah diterbitkan, penyesuaian perizinan dalam rangka perubahan status penanaman modal, serta persetujuan dan rekomendasi terkait pembinaan dan pengawasan pertambangan.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Kementerian ESDM Surat Edaran SE Kementerian ESDM Gubernur Jabar Pengusaha Tambang Izin Pertambangan Aktivitas Pertambangan Undang-Undang Minerba Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Inilah Daftar UMK di Jabar Tahun 2020

Begini Cara Pengelolaan Sampah Mandiri Ala Bupati Purwakarta

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi