Presiden Jokowi Angkat Bicara Soal RUU HIP

Pemerintah juga belum mengetahui isi RUU HIP tersebut.

Presiden saat menerima purnawirawan TNI-Polri dan legiun veteran Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat (19/6/2020). (Foto: BPMI)

JABARNEWS | JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah sama sekali tidak ikut campur terkait Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang sebelumnya ramai menuai kontroversi.

"Ini (RUU HIP) 100 persen adalah inisiatif dari DPR, jadi pemerintah tidak ikut campur sama sekali," ujar Jokowi seperti dikutip dari laman Tempo.co, Jumat (19/6/2020).

Baca Juga:

Tentang Lahan Luas Yang Dipersoalkan

"Unicorn" Jadi Treding Pasca-Debat



Hal itu ditegaskan Jokowi saat menerima sejumlah purnawirawan TNI dan Polri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (19/6/2020).

Untuk itu, Jokowi menegaskan pemerintah juga belum mengetahui isi RUU HIP tersebut. Setelah mendengar masukan dari masyarakat, Jokowi memutuskan tidak mengirimkan surat presiden yang merupakan tanda persetujuan pembahasan legislasi atas RUU tersebut kepada DPR. Dengan kata lain, RUU HIP tersebut tidak bisa dilanjutkan pembahasannya.

"Jadi daftar isian masalah (DIM) juga belum kami siapkan karena memang kami belum mengetahui sebetulnya ini arahnya akan ke mana karena ini memang inisiatif penuh dari DPR," ujar Jokowi.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Presiden Jokowi RUU HIP Joko Widodo Isi RUU HIP Pembubaran PKI Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Kampung Nelayan di Bengkulu Akan Dijadikan Destinasi Wisata

Inilah Alasan Presiden Jokowi Fokus Bangun Infrastruktur

Keadilan Untuk Wartawan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi