Live Stream Bandung 132 TV


Gerhana Matahari Cincin Bisa Dilihat Di Sumatera Utara, Ini Waktunya

Puncak gerhana akan terjadi pukul 14.48 WIB.

Ilustrasi- Mengamati gerhana matahari cincin. (Foto: Antara)

JABARNEWS | DELI SERDANG - Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) dapat dilihat di Sumatera Utara, Minggu (21/6/2020) akan dimulai pukul 13.37 WIB. Sedangkan puncak gerhana akan terjadi pukul 14.48 WIB.

"Durasi gerhana yang teramati di Sumatera Utara rata-rata adalah 1,91 jam.” kata Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang, Teguh Rahayu melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (20/6/2020).

Baca Juga:

Waspada! Dari Purwakarta Hingga Pangandaran, Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir

Kejari Garut Tetapkan Kades Karya Jaya Jadi Buronan, Ini Penyebabnya



Ia menjelaskan, gerhana akan melewati 432 pusat kota dan kabupaten di 31 provinsi berupa Gerhana Matahari Sebagian, dengan magnitudo terentang antara 0,000 di Kepanjen, Jawa Timur sampai dengan 0,522 di Melonguane, Sulawesi Utara.

Adapun di 83 pusat kota lainnya, yaitu dua kota di Bengkulu, tujuh kota di Lampung, sepuluh kota Jawa Tengah, dan tujuh kota di Jawa Timur, serta semua kota di Jawa Barat (terkecuali Indramayu), Banten, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta tidak akan dilalui gerhana ini, karena nilai magnitudo gerhananya kurang dari 0.

"Gerhana yang teramati dari Sumatera Utara berupa gerhana matahari sebagian dengan magnitudo gerhana antara 0,092 di Teluk Dalam hingga 0,189 di Stabat," ungkapnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Gerhana Matahari Cincin BMKG Fenomena Alam Stasiun Geofisika Deli Serdang Teguh Rahayu Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi