Gerhana Matahari Cincin Bisa Dilihat Di Sumatera Utara, Ini Waktunya

JABARNEWS | DELI SERDANG – Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) dapat dilihat di Sumatera Utara, Minggu (21/6/2020) akan dimulai pukul 13.37 WIB. Sedangkan puncak gerhana akan terjadi pukul 14.48 WIB.

“Durasi gerhana yang teramati di Sumatera Utara rata-rata adalah 1,91 jam.” kata Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang, Teguh Rahayu melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (20/6/2020).

Baca Juga:  Jelang Persib vs Tira Persikabo, Robert Alberts Targetkan Ini

Ia menjelaskan, gerhana akan melewati 432 pusat kota dan kabupaten di 31 provinsi berupa Gerhana Matahari Sebagian, dengan magnitudo terentang antara 0,000 di Kepanjen, Jawa Timur sampai dengan 0,522 di Melonguane, Sulawesi Utara.

Adapun di 83 pusat kota lainnya, yaitu dua kota di Bengkulu, tujuh kota di Lampung, sepuluh kota Jawa Tengah, dan tujuh kota di Jawa Timur, serta semua kota di Jawa Barat (terkecuali Indramayu), Banten, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta tidak akan dilalui gerhana ini, karena nilai magnitudo gerhananya kurang dari 0.

Baca Juga:  Ini Info Penting untuk Warga Jawa Barat

“Gerhana yang teramati dari Sumatera Utara berupa gerhana matahari sebagian dengan magnitudo gerhana antara 0,092 di Teluk Dalam hingga 0,189 di Stabat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Purwakarta Menuju Kategori Zona Merah Covid-19, Ini Penyebabnya

Dikatakannya, data visibilitas Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020 dapat diakses melalui laman bmkg.go.id, sehingga dapat diketahui waktu kontak awal, puncak gerhana, kontak akhir, durasi gerhana, dan magnitudo gerhana.

“Untuk melihat data visibilitas gerhana matahari dapat diakses melalui bmkg.go.id,” ujarnya. (Ptr)