Para Pencari Kerja Bisa Ikut Rapid Test Covid-19 Gratis, Ini Caranya

JABARNEWS | BANJAR – Guna mempercepat penelusuran warga yang terindikasi virus corona, Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat bakal melakukan rapid test Covid-19 gratis terhadap para pencari kerja.

Meski sudah tak ada lagi pasien positif Covid-19 yang dirawat, Pemkot melalui Gugus Tugas Covid-19 bakal menggelar rapid test gratis bagi para pencari kerja ini akan dilakukan pada 25 Juni 2020 di Pendopo Banjar, tepatnya di lokasi lapangan tenis.

Baca Juga:  Petani Ikan di Purwakarta Ditemukan Tewas

“Sebelumnya, rapid test dilakukan di beberapa tempat keramaian, seperti pasar tradisional dan pasar modern. Serta di lokasi-lokasi yang terdapat reaktif hasil rapid test,” ujar Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar dr H Agus Budiana.

Ia mengatakan rapid test gratis tersebut sebagai upaya Pemkot Banjar membantu masyarakat mendapatkan surat sehat, terutama bagi masyarakat yang akan mencari pekerjaan dan membutuhkan surat tersebut untuk salah satu persyaratan lamaran kerja.

Baca Juga:  Di Purwakarta, Komunitas Zeta Alpha Zeta Gamma Turun ke Jalan

“Selain itu, rapid test gratis sebagai upaya mendeteksi dini adanya kemungkinan masyarakat yang terpapar virus Covid-19 saat akan melakukan aktivitas kerja ke luar daerah,” jelasnya.

Ia memaparkan persyaratan bagi warga yang ingin mengikuti rapid test harus membawa foto copy kartu keluarga (KK), foto copy kartu tanda penduduk (KTP) berdomisili di Kota Banjar. Selanjutnya membawa surat keterangan tidak mampu membayar rapid test secara mandiri dari desa atau kelurahan masing-masing.

Baca Juga:  Jabar Raih Penghargaan Tertinggi Parasamya Purnakarya Nugraha

“Untuk jumlah rapid test yang disediakan akan menyesuaikan kebutuhan, karena sampai saat ini jumlahnya belum ditentukan,” tandasnya

Selain rapid test, tim gugus tugas juga melanjutkan pemeriksaan swab test secara massal untuk para pedagang pasar di dua lokasi pasar tradisional, yakni Pasar Muktisari dan Pasar Langkaplancar Kecamatan Langensari. (Red)