Tuntut Transparansi, Ratusan Warga Jayagiri Cianjur Datangi Balai Desa

JABARNEWS | CIANJUR – Di tengah pandemi Covid-19, ratusan warga Desa Jayagiri, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggelar unjuk rasa (Unras) di balai desa setempat, Senin (22/6/2020).

Aksi yang diikuti ratusan massa tersebut dilakukan guna meminta adanya transparansi program bantuan dari pemerintah serta adanya keterbukaan informasi dari pemerintah desa terkait penerima bantuan.

Aksi yang berlangsung dama tersebut dilanjutkan dengan mediasi antara perwakilan warga dengan aparatur pemerintah desa dan kecamatan setempat serta dikawal ketat oleh personel Polsek Sukanagara dan Koramil Sukanagara.

Baca Juga:  Mau Daftar CPNS 2018, Ini Syarat Pendaftarannya

Akah (40) seorang tokoh pemuda setempat, mengatakan warga pada dasarnya hanya ingin ada transparansi mengenai sejumlah anggaran bantuan dikucurkan dari pemerintah, baik itu pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur.

“Kami ingin pihak pemerintah desa lebih transparan soal bantuan kepada warga dan siapa saja penerima bantuan tersebut,” katanya.

Baca Juga:  Tidak Boleh Full, Polri Izinkan Penonton Piala AFF 2022 Hanya 70 Persen

Dalam kesempatan itu, Akah juga meminta bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran dan tidak ada kepentingan dari sekelompok atau individu tertentu.

“Pelayanan kepada masyarakat juga harus lebih baik agar desa bisa maju, berkembang dan warga sejahtera,” ucapnya.

Kepala Desa (Kades) Jayagiri, Wawan S mengaku semua aspirasi warga akan ditampung dan diterima dengan baik. Ia pun mengaku berterima kasih atas kritik membangun dari warga. Terkait bantuan Covid-19, jelas Wawan, ada 173 warga penerima BST, kemudian bantuan dari provinsi 86 orang keluarga penerima dan PKH ada sekitar 400 orang lebih.

Baca Juga:  Anggota Polisi di Sergai Bunuh Diri Dengan Tembakkan Senjata Api

“Sedangkan bantuan dari anggaran dana desa (DD) dari jumlah 500 warga, hanya 182 warga yang menjadi BLT Dana Desa,” jelasnya. (Mul)