Luapan Sungai Bikin Dua Kampung di Tegalbuleud Terendam Banjir, Warga Panik

JABARNEWS | SUKABUMI – Hujan deras yang terjadi pada Selasa (23/06/2020) mengakibatkan meluapnya Sungai Cipanjar hingga terjadi banjir secara tiba-tiba dan merendam puluhan rumah di Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Banjir yang merendam di Kampung Ranca Jawa dan Kampung Rancabeureum, Desa Tegalbuleud, tersebut sempat mem buat panikvsekitar 43 kepala keluarga.

“Sungai meluap secara tiba tiba. Beruntung tidak ada korban jiwa, hanya saja warga harus berjibaku menyelamatkan seluruh harta bendanya,” ujar Kodir salah seorang warga Kampung Ranca Beureum.

Baca Juga:  Persib Tersiksa dengan Jadwal Baru Hingga Perjalanan Menggunakan Bus

Ia menambahkan air sungai meluap hingga ketinggi 40 cm – 85 cm, mengharuskan warga untuk mengusngsi ke sejumlah tempat akibat dari genangan air tersebut.

“Kami sempat mengungsi di beberapa tempat yang berada lebih tinggi dari bibir sungai, malah mengungsi di rumah tetangga dan masjid serta mushola,” ujarnya.

Baca Juga:  Polisi Ringkus Predator Anak di Kota Banjar, Korbannya Usia Lima Tahun

Sementara itu menurut Daeng Sutisna, Koordunator Pusat Pengendalian dan Operasional (BPBD), Kabupaten Sukabumi, belum bisa mengetahui kerugian akiba bencana tersebut.

“Tidak ada korban jiwa, hanya saja genangan menyebabkan harta benda warga terendam banjir bandang,” katanya.

Baca Juga:  Jelang Penyerangan Polsek Ciracas, Seorang Warga Sipil Jadi Korban

Daeng Sutisna mengatakan, petugas BPBD telah melakukan assesmen untuk mengetahui sejauhmana kerusakan, hanya saja warga membutuhkan sandang dan pangan secepatnya.

“Kami masih melakukan assesmen untuk mengetahui rumah warga yang rusak. Pendataan masih dilakukan dan belum mengetahui berapa rumah yang tergenang banjir kali ini,” katanya. (Red)