Pahami Nih, Kenapa Kota Bandung Belum Gelar Kembali Car Free Day

JABARNEWS | BANDUNG – Beberpa sebagaian daerah sudah mulai diberlakukan kembali Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD). Akan tetapi Kota Bandung belum berencana untuk melakukan hal serupa.

“Untuk sementara ini mohon bersabar dan kita selalu berdoa agar virus corona ini cepat hilang dari kota Bandung. Jadi belum ada (CFD dan CFN), karena lihat situasi dan kondisi kota Bandung ini masih zona kuning,” ujar Asep Kuswara, Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Selasa (23/06/2020).

Baca Juga:  Petugas: Ada Peningkatan Kendaraan Di Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Ia menjelaskan, dengan belum memberlakukan kegiatan CFD di Kota Bandung, kata dia, bukan untuk menghalangi, melainkan dalam kondisi saat ini pihaknya hanya berupaya mencegah penyebaran covid-19 dengan meniadakan sementara CFD dan CFN.

Baca Juga:  Pasca-Hoaks Ratna Sarumpaet, Pengamanan Di Bandara Husein Diperketat

Dalam pelaksanaan CFD dan CFN, selain Dishub, jajaran Sat Lantas Polrestabes Bandung pun turut memberi andil pengamanan.

Dari hasil koordinasi antara Dishub dan Sat Lantas, belum ada kesepakatan untuk kembali menggelar CFD dan CFN karena masih rawannya penularan covid-19 di Kota Bandung.

Baca Juga:  Tak Disangka! Ini Manfaat Tanaman Patah Tulang Sebagai Tumbuhan Herbal

“Jika pun nanti Kota Bandung masuk zona hijau atau zona biru, tak serta merta CFD dan CFN bisa digelar begitu saja,” kata Asep.

Ia menegaskan bahwa perlu ada kajian terlebih dahulu bagaimana penyelenggaraan CFD dan CFN agar di dalamnya diterapkan protokol kesehatan. (Red)