Bikin Bangga! Kenalkan Nih 5 Ventilator Karya Anak Bangsa

Kelimanya telah lulus uji sertifikasi dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Kemenkes.

Ventilator buatan Indonesia. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Siapa bilang Indonesia tak mampu bersaing di sektor teknologi kesehatan? Buktinya, kini anak-anak bangsa berhasil merancang ventilator yang dimanfaatkan dalam rangka penanggulangan virus corona (Covid-19).

Sejak Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret 2020 mengumumkan virus corona (Covid-19) sebagai pandemi global, Kemenristek/Badan Riset dan Inovesi Nasional (BRIN) langsung membentuk Konsorsium Riset dan Inovasi untuk percepatan penanggulangan pandemi Covid-19.

Baca Juga:

RSHS Bandung: Pasien Belum Positif Terinfeksi Virus Corona

RSHS Bandung Rawat Pasien Suspect Virus Corona



Konsorsium Covid-19 berasal dari banyak instansi. Antara lain, Lembaga Pemerintah NonKementerian (LPNK), perguruan tinggi, perusahaan swasta dan BUMN. Salah satu hasilnya adalah Indonesia telah berhasil menciptakan dan memiliki lima jenis ventilator yang siap diproduksi dan telah memiliki izin edar, karena telah lulus uji sertifikasi dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Kemenkes.

“Dengan izin itu, pemerintah secepatnya akan memproduksi massal alat bantu napas untuk membantu penderita Covid-19,” ungkap Menristek/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Senin (22/6/2020).

“Kunci keberhasilan kerja Konsorsium adalah kolaborasi, kemitraan dan kerja sama,” sambung Bambang.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Ventilator Buatan Indonesia Manfaat Ventilator Virus Corona Pandemi Covid-19 Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Korban Tewas Akibat Virus Corona Bertambah Jadi 52 Orang

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi