Soal Rencana Jadwal Pemusatan Latihan Timnas U-16, Ini Kata PSSI

JABARNEWS | JAKARTA – Pemusatan latihan (TC) tim nasional U-16 yang dilatih Bima Sakti direncanakan bakal digelar mulai awal Juli 2020.

“Kami sudah berdiskusi dengan coach Bima Sakti mengenai program timnas U-16 termasuk TC yang direncanakan awal Juli,” ujar Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, Selasa (23/06/2020).

Meski demikian, Indra belum bisa mengemukakan tanggal pasti dan lokasi pelaksanaan TC. PSSI, tengah memilih waktu dan tempat terbaik karena harus menyesuaikan dengan situasi pandemi COVID-19.

Baca Juga:  Peringatan Dini Cuaca BMKG, Jumat 17 April 2020

“Tempat dan tanggal akan ditetapkan berikutnya. Kami lagi mencari lokasi yang benar-benar aman, termasuk mempersiapkan hotel dan lain-lain,” ujarnya.

Terkait TC, Indra menegaskan bahwa PSSI juga berkomunikasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Kemenpora, Kemenkes dan pihak-pihak yang terkait.

“Jadi semuanya sedang disiapkan. Kabar terbarunya akan diumumkan nanti,” ujar dia.

Baca Juga:  Dapat Sanksi Tak Digaji 6 Bulan, Ini Respons Bupati Jember

Tim nasional U-16 Indonesia akan berlaga di Piala Asia U-16 AFC 2020 yang berlangsung di Bahrain pada 25 November-12 Desember 2020. Di kejuaraan itu, timnas berada satu grup dengan Jepang, China dan Arab Saudi di Grup D.

Grup tersebut bisa dikatakan berat karena Jepang, China dan Arab Saudi sudah lebih dari satu kali menjadi tim terbaik di Piala Asia U-16.

Baca Juga:  Ini Nomor Layanan Pengaduan Bansos Beras di Kabupaten Bogor

Jepang merupakan negara dengan gelar juara Piala Asia U-16 terbanyak yaitu tiga kali pada tahun 1994, 2006 dan 2018. Adapun China dan Arab Saudi masing-masing sudah dua kali menjadi kampiun di kejuaraan tersebut.

Sementara catatan terbaik Indonesia di Piala Asia U-16 adalah menduduki peringkat keempat pada tahun 1990. Pada 2018, Indonesia menjadi perempat finalis. (Red)