aqua

Mahasiswa UI Teliti Buah Arbei, Hasilnya Mengejutkan

Buah ini banyak dijual di daerah wisata pegunungan seperti daerah Cibodas dan Tangkuban Perahu

Buah Arbei. (Foto: Net)

JABARNEWS | DEPOK - Pernah mencicipi buah murbei? Atau malah termasuk rutin mengonsumsi buah yang yang sangat lezat ini? Jika, ya, Anda beruntung bisa menikmatinya, pasalnya buah ini memang terbilang langka dan ada beragam manfaat buat murbei bagi kesehatan.

Kedua tanaman tersebut banyak ditemukan di daerah pegunungan Indonesia dan umumnya dimakan (edible) sebagai buah-buahan dengan rasa manis agak masam dan bentuknya mirip dengan buah berry merah. Buah R. fraxinifolius dan buah R. rosifolius banyak ditemukan di Jawa Barat yang dikenal dengan nama arbei, beberetean, arben hutan, atau harmos.

Baca Juga:

Sering Mandi Air Dingin Bermanfaat Bagi Kesehatan, Kok Bisa?

Sering Kehujanan? Simak Tips Ini Agar Tidak Pusing Setelahnya



Kedua buah ini banyak dijual di daerah wisata pegunungan seperti daerah Cibodas dan Tangkuban Perahu. Beberapa rubus dilaporkan memiliki aktivitas antioksidan, antielastase, antitirosinase, antikolagenase, anti-UV, dan antiaging (antipenuaan) yang kuat serta memiliki kandungan fitokimia utama, yaitu senyawa terpenoid, polifenol, dan flavonoid.

Kini Mahasiswa Program Studi Doktor Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI), Yesi Desmiaty meneliti dua tanaman rubus (arbei), yaitu Rubus fraxinifolius dan R rosifolius yang bermanfaat sebagai antioksidan dan pencegahan penuaan dini sehingga dapat digunakan dalam pengembangan sediaan kosmetik.

"Perkembangan pasar sediaan kosmetik terutama produk antiskin aging yang berasal dari alam menunjukkan tren yang meningkat," kata Yesi dalam keterangannya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Buah Arbei Info Kesehatan Manfaat Arbei Universitas Indonesia Tangkuban Perahu Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Diantara Kopi Dan Teh Mana Yang Lebih Sehat?

Mengenal Cuka Apel, Yuk Simak Manfaatnya!

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi