Keseriusan Perangi Hoax, Google Mulai Memperluas Cek Fakta Pencarian Gambar

Google akan menampilkan label

Google. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Google mulai menerapkan langkah-langkah yang dijanjikan untuk memerangi penyebaran berita palsu alias hoax melalui layanannya.

Raksasa internet ini mulai menmenunjukkan label label pemeriksaan fakta pada hasil pencarian gambar, Google Images, secara global menyusul tekanan yang meningkat untuk memerangi penyebaran misinformasi secara online.

Baca Juga:

Tantang Hacker Dunia, Google Tawarkan Rp 21 M Untuk Bobol Pixel

AMSI Beri Edukasi Deteksi Berita Hoaks kepada Pewarta di Sumbar



Seperti dikutip dari Reuters, Selasa (24/6/2020) Google mulai menunjukkan label cek fakta pada pengguna di AS untuk platform videonya Youtube pada bulan April dalam upaya untuk mencegah penyebaran misinformasi terkait virus corona, yang meledak di media sosial ketika pandemi semakin intensif.

Google akan menampilkan label "cek fakta" di bawah thumbnail yang muncul dalam hasil pencarian gambar bersama dengan ringkasan temuan cek fakta pihak ketiga, seperti yang telah dilakukan pada mesin pencari dan pada Google News. Raksasa teknologi tersebut beberapa tahun terakhir juga telah menghadapi lebih banyak aduan terkait informasi yang salah.

YouTube telah memunculkan tautan ke sejumlah sumber, seperti Encyclopedia Britannica dan Wikipedia, untuk mengatasi hoax sejak 2018, namun dalam pengumumannya pada bulan April, Youtube akan mulai mengarahkan upaya-upaya menuju berita yang bergerak lebih cepat.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Google Cek Fakta Pencarian Gambar Miss Informasi Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

AJI Gelar Workshop Hoax Busting and Digital Hygine di 20 Kota

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi